Pendidikan

Isi Kuliah Umum di Udinus, Begini Pesan Wali Kota Semarang dan Wali Kota Kediri

Senin, 21 September 2020 - 16:52 | 66.43k
Proses penerimaan mahasiswa baru di Universitas Dian Nuswantoro secara simbolik. (Foto: Humas Udinus for TIMES Indonesia)
Proses penerimaan mahasiswa baru di Universitas Dian Nuswantoro secara simbolik. (Foto: Humas Udinus for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SEMARANG – Melalui kuliah umum Dinus Inside 2020, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar ajak mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memanfaatkan teknologi dan mampu berpikir kreatif serta inovatif.

Kuliah Umum tersebut diikuti oleh 3857 mahasiswa di Udinus Semarang dan 172 di Udinus Kediri.  Kuliah umum masuk dalam satu rangkaian Dinus Inside 2020 yang memiliki tema ‘Menjadikan Mahasiswa Udinus Cerdas, Berkarakter dan Berintegritas’.

Kegiatan tersebut diadakan secara daring melalui aplikasi zoom dan Live Youtube TVKU.  Total 3.857 mahasiswa baru tersebut terdiri dari 1841 mahasiswa dari Fakultas lmu Komputer (FIK), 859  mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 291 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Juga, 491 mahasiswa Fakultas Kesehatan (FKES),  237 mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT) dan 138 dari pasca sarjana. Selain itu, terdapat 172 mahasiswa baru dari kampus Udinus Kediri dilantik dalam Dinus Inside kali ini secara daring sebelum kegiatan kuliah umum berlangsung. 

Pada paparannya, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menjelaskan bahwa sebagai mahasiswa harus berpikiran kreatif dan inovatif serta mampu berwirausaha sejak di bangku perkuliahan.

Menurutnya persaingan bisnis industri 4.0 ini akan diperlukan orang-orang yang mampu menciptakan peluang-peluang terkait kemajuan teknologi informasi. Menurutnya, para mahasiswa baru yang telah bergabung di Udinus, beruntung dapat bergabung dengan perguruan yang memiliki kualitas sangat baik.

Ia juga berpesan agar para mahasiswa pada era sekarang ini mampu berfikir lebih digital. Sebagai kampus yang berkualitas sangat baik, Udinus selalu menciptakan terobosan yang berkaitan dengan teknologi informasi.

"Pada tahun 2003 misalnya, Udinus membantu Semarang dalam meluncurkan Semarang Smart City dan membangun jaringan-jaringan lainnya. Ini bukti bahwa mahasiswa baru yang dilantik pada hari ini harus beruntung karena telah masuk di kampus yang memiliki predikat terbaik," jelas dia. 

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, mengungkapkan jika media sosial memiliki masa pasar yang sangat besar dan telah  menggeser market pasar tradisional.

Untuk itu, menurutnya,  generasi muda pada era digital memiliki peluang terbuka dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam memulai bisnisnya. Ia berharap Udinus terus mampu menciptakan wirausahawan baru di Indonesia. 

"Syaratnya untuk menjadi negara maju yaitu jumlah pelaku usaha harus lebih dari 14 persen dari rasio penduduknya. Sementara di Indonesia masih 3,1 persen. Padahal jumlah penduduk Indonesia sangat besar, ini peluang yang sangat bagus bagi mahasiswa Udinus untuk berwirausaha. Dengan menjadi enterpreneur akan membantu membuka lapangan pekerjaan, juga meningkatkan produktivitas masyarakat," jelas dia. 

Momen Dinus Inside ini juga ditandai dengan aksi Udinus Peduli, dimana Udinus menyerahkan 4000 bibit mangrove dan bakti sosial di sekitar 20 lokasi di Kota Semarang. Dinus Inside sendiri merupakan kegiatan yang diadakan untuk menyambut mahasiswa baru dan telah terdaftar di kampus Udinus. 

Sementara itu, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom berterimakasih kepada dua Wali Kota yakni Wali Kota Semarang dan Wali Kota Kediri yang telah mengisi kuliah umum untuk para mahasiswa baru Udinus.

Di mata Rektor, Udinus telah dikenal di seluruh Indonesia. Terlihat dari kota asal mahasiswa yang mencangkup seluruh provinsi di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke.  

"Terimakasih untuk para masyarakat yang telah mempercayai Udinus untuk mendidik putra-putrinya. Semoga ilmu yang diberikan oleh narasumber dapat menjadi bekal untuk masa studi mahasiswa baru nantinya," tutupnya dalam kuliah umum yang menghadirkan Wali Kota Semarang dan Wali Kota Kediri kali ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES