Peristiwa Nasional

Soal Pilkada Serentak 2020 Ditunda, Besok MUI Bakal Menyatakan Sikap

Senin, 21 September 2020 - 16:17 | 29.73k
Sekjen MUI, Anwar Abbas. (FOTO: Gelora News)
Sekjen MUI, Anwar Abbas. (FOTO: Gelora News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengaskan bakal ikut menyampaikan sikapnya soal wacana Pilkada Serentak 2020 ditunda. Sikap tersebut nantinya bakal disampaikan kepada pemerintah.

"Besok (22/9/2020) akan dibahas. Besok mau dibahas dalam rapat (soal sikap MUI terhadap Pilkada 2020 serentak)," katanya kepada TIMES Indonesia, Senin (21/9/2020).

Seperti yang diketahui, saat ini dua ormas Islam seperti NU dan PP Muhammadiyah telah menyatakan sikap yakni mendesak pemerintah agar Pilkada 2020 yang bakal diselenggarakan 9 Desember mendatang ditunda.

Selain itu, Sekjen MUI itu menjelaskan, sikap yang bakal diambil oleh pihaknya nantinya tetap mengacu pada kemaslahatan yang lebih besar. Oleh karena itu apapun yang akan lakukan harus ditakar dan ditimbang.

Menurutnya, ada satu qaidah yang sangat terkenal di kalangan ulama yang sangat perlu diperhatikan dalam membuat keputusan. yaitu dar'ul mafasid muqoddam ala jalbil masholih.

"Artinya meninggalkan kemafsadatan harus di dahulukan dari mengambil kemashlahatan. Ini perlu kita sampaikan karena negeri ini di penghujung tahun ini rencananya akan menyelenggarakan pilkada serentak," ujar Sekjen MUI menyoal wacana Pilkada Serentak 2020 ditunda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES