Politik

Presiden RI Jokowi Tegaskan Tak Bakal Tunda Pilkada Serentak

Senin, 21 September 2020 - 14:51 | 28.31k
Presiden RI Jokowi. (FOTO: dok TIMES Indonesia)
Presiden RI Jokowi. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meski banyak desakan, seperti dari NU dan PP Muhammadiyah agar Pilkada 2020 Serentak ditunda, namun Presiden RI Jokowi menegaskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 akan tetap dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Pilkada 2020 tetap sesuai jadwal, 9 Desember 2020, demi menjaga hak konstitusi rakyat, hak dipilih dan hak memilih," ujar Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman lewat siaran pers, Senin (21/9/2020).

Menurut Fadjroel, Pilkada 2020 Serentak tersebut bakal tetap digelar. Akan tetapi, pelaksanaan tahapan pilkada akan diiringi dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat.

"Penyelenggaraan Pilkada juga perlu disertai dengan penegakkan hukum dan sanksi tegas. Agar tidak terjadi klaster baru Pilkada," ujarnya.

Seperti yang diketahui, ormas Islam NU dan Muhammadiyah sebelumnya telah menyatakan sikap agar Pilkada 2020 serentak ditunda. Hal itu dikarenakan, Covid-19 secara nasional terus bertambah setiap harinya. Pasalnya, keselamatan nyawa manusia adalah yang utama.

Tidak hanya itu saja, saat ini sudah ada tiga petinggi KPU yang terpapar Covid-19 tersebut. Antara lain, dua Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi dan Evi Novida Ginting dan Ketua KPU RI Arief Budiman. 

Terakhir, salah satu menteri kabinet Presiden RI Jokowi yakni Menag RI Fachrul Razi juga dinyatakan positif Covid-19. (*)

Edisi-Senin-21-September-2020-Jokowi-Tak-Bakal-Tunda-Pilkada.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES