Peristiwa Daerah

Pemotongan Tumpeng Tandai Ekskavasi Tahap 4 Candi Patakan Lamongan

Senin, 21 September 2020 - 11:55 | 58.06k
Pemotongan tumpeng dan doa bersama sebelum memulai ekskavasi Candi Patakan, Senin (21/9/2020). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Pemotongan tumpeng dan doa bersama sebelum memulai ekskavasi Candi Patakan, Senin (21/9/2020). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Proses ekskavasi tahap 4 situs Candi Patakan yang berada di Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan, dimulai pada hari ini, Senin (21/9/2020).

Pelaksanaan ekskavasi tahap 4 Candi Patakan dibuka dengan pemotongan tumpeng dan doa bersama, agar proses ekskavasi berjalan lancar.

"Kami mulai hari ini akan memulai kegiatan ekskavasi tahap 4, setelah pertama tahun 2013," kata Mifta Alamuddin, Kabid Kebudayan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, saat berada di lokasi.

Menurut Alamuddin, proses ekskavasi tahap 4 ini akan berlangsung selama sepekan, dengan melibatkan tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan.

"Target kami kegiatan ekskavasi ini tuntas tahun ini bisa terbuka maksimal," tuturnya.

Sementara itu, Camat Sambeng, Irsyad berharap dengan dilanjutkannya proses ekskavasi tahap 4, Candi Patakan bisa menjadi destinasi wisata baru.

"Harapan kita bersama, Candi Patakan ini menjadi zona wisata yang tidak kalah dengan wisata lain," ujar Irsyad.

Irsyad merasa optimistis bahwa Candi Patakan akan menjadi destinasi wisata yang dapat menjadi ikon Kecamatan Sambeng maupun Kabupaten Lamongan.

"Ini mungkin menjadi satu-satunya, karena tidak sembarang wilayah punya situs seperti ini. Patakan punya potensi untuk mengembangkan wisata ini, saya yakin saatnya nanti akan jadi lokasi wisata andalan," kata Irsyad yang juga hadir dalam pembukaan ekskavasi tahap 4 Candi Patakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES