Peristiwa Nasional

Sudah Tiga Menteri Presiden RI Jokowi Terpapar Covid-19

Senin, 21 September 2020 - 11:41 | 48.27k
Presiden RI Jokowi yang kini tiga Menterinya sudah terpapar Covid-19. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Presiden RI Jokowi yang kini tiga Menterinya sudah terpapar Covid-19. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jumlah kasus positif Covid-19 terus bertambah. Selain kalangan masyarakat umum, virus ini sudah banyak menjangkit kalangan pejabat yang segi sterilisasi atau protokol kesehatan dipastikan lebih ketat.

Setidaknya sudah ada tiga menteri di kabinet Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sampai saat ini sudah terpapar Covid-19 tersebut. Siapa saja mereka?

1) Menhub Budi Karya Sumadi

Dikatahui, Menhub Budi Karya Sumadi adalah menjadi menteri pertama Presiden Jokowi yang pernah terinfeksi Covid-19. Menteri Budi terpapar pada 14 Maret 2020 lalu.

Ia sempat dirawat secara intensif selama sebulan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta akibat virus tersebut. Menteri Budi kemudian dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada 25 April 2020 lalu.

2) Menteri KKP Edhy Prabowo

Menteri KKP Edhy Prabowo juga sempat dinyatakan positif Covid-19. Menteri Edhy Prabowo dirawat di ICU RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (16/9/2020) kemarin.

"Beliau meminta kepada tim dokter untuk dipindahkan ke Paviliun Kartika saja, supaya bisa ICU dipakai untuk yang lain, tapi tim dokter belum mengizinkannya, dan mengharuskan menteri Edhy untuk tetap di ICU supaya jika terjadi sesuatu kondisi yang menurun secara tiba-tiba tidak perlu lagi mencari ruangan," kata eks Jubir Menteri KKP Miftah Sabri.

Mifta memastikan saat ini kondisi Menteri Edhy membaik. Kabar tersebut didapatnya saat berkomunikasi dengan Edhy pada Selasa (15/9/2020) kemarin.

Hasil tes usap atau swab test Edhy Prabowo sudah menunjukkan hasil negatif Covid-19 pada 16 September 2020 lalu.

3) Menteri Agama Fachrul Razi 

Menteri Agama Fachrul Razi menambah rentetan menteri Kabinet Indonesia Maju di bawah Presiden Jokowi yang positif Covid-19. Diketahui, ia menjadi menteri ketiga yang terinfeksi Covid-19.

Namun, Staf Khusus Kevin Haikal memastikan, bahwa Menag saat ini dalam kondisi fisik yang baik. Ia menjelaskan bahwa mantan Wakil Panglima TNI itu telah menjalani tes swab pada tanggal 17 September 2020 dan hasilnya positif corona.

"Namun, alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," kata Kevin di dalam keterangan resminya, Senin (21/9/2020).

Juru Bicara Kementerian Agama, Oman Fathurahman menyatakan Fachrul kini tengah fokus menjalani proses isolasi dan pemulihan kesehatan.

Untuk pelaksanaan tugas birokrasi, Menang sudah mendelegasikannya kepada Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi dan memberi arahan kepada para pejabat terkait.

Jadwal kerja Fachrul Razi sebagai Menag RI terbilang cukup padat. Sebelum diketahui Covid-19, Menag sempat menggelar rapat kerja dengan DPR pada tanggal 8 November 2020 lalu. Baru-baru ini, Fachrul melakukan kunjungan kerja ke Pulau Lombok selama dua hari dari tanggal 16-17 September 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES