Peristiwa Nasional

Wapres RI KH Ma'ruf Amin Siap Buka Konbes NU 2020, Ini Agenda yang Akan Dibahas

Senin, 21 September 2020 - 11:26 | 29.45k
Dr Juri Ardianto, ketua Konbes NU 2020. (foto: dok TIMES Indonesia)
Dr Juri Ardianto, ketua Konbes NU 2020. (foto: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWapres RI KH Ma'ruf Amin akan membuka Konbes NU 2020 pada Rabu (23/9/2020) nanti.  Forum dua tahunan di Nahdlatul Ulama ini akan dihadiri para kiai sepuh dari Sabang sampai Merauke.

Ketua Panitia Konbes NU Dr H Juri Ardiantoro mengatakan, kegiatan kali ini hanya konferensi besar.  Tidak dilaksanakan berbarengan dengan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama. 

Meski begitu, Konbes dan Munas tetap akan digelar seperti biasanya. Yakni sebelum penyelenggaraan Muktamar Ke-34 NU digelar.         

Juri mengatakan, Konbes tahun ini hanya mendiskusikan penundaan waktu Muktamar NU yang seyogianya digelar pada Oktober 2020 mendatang. Selain itu, para peserta Konbes NU juga membahas mengenai perpanjangan masa kepengurusan di setiap level kepengurusan.    

"Konbes hanya akan mengagendakan tunggal. Yakni membahas dan penundaan Muktamar yang sedianya Oktober 2020, termasuk dalam hal ini mutatis mutandis perpanjangan masa kepengurusan yang seharusnya berakhir 2020 ini," ujar  Juri.   

Menurut Juri, yang juga berbeda dari penyelenggaraan Konbes tahun ini dari tahun sebelumnya.  Di mana kegiatannya digelar secara virtual melalui meeting zoom. 

"Mustaysar PBNU KH Ma’ruf Amin akan memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi konbes," ujarnya.

Peserta Konbes NU tahun 2020 antara lain jajaran Mustasyar, A'wan, Syuriyah, Tanfidziyah dan kiai sepuh NU serta para perwakilan PWNU baik Syuriyah maupun Tanfidziyah. Tak lupa badan otonom (Banom) dan lembaga-lembaga di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang juga menjadi peserta Konbes.  

"Peserta Konbes mengikuti dari tempat masing-masing. Pengurus PBNU dan Banom serta lembaga dari rumah atau kantor masing. Sementara PW, diharapkan dari kantor PW. Namun jika ada pengurus yang tidak bisa bergabung di kantor PWNU akan mengikuti dari rumah masing-masing," tutur Juri.  

Setiap peserta Konbes NU, lanjut Juri, akan diberikan link ID sebelum kegiatan dimulai. Forum tertinggi NU setelah Muktamar dan Munas Alim Ulama ini dilangsungkan pukul 09.00 WIB. Namun sebelum itu dilakukan pengajian dan tahlil dipimpin para kiai sepuh.  

Tahlil selalu menjadi acara pembuka dalam setiap acara NU. Maka Konbes NU 2020 kali ini juga diawali tahlil oleh kiai sepuh, sebelum pembukaan oleh Wapres RI KH Ma'ruf Amin dilaksanakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imam Kusnin Ahmad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES