Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Pilihan Baru Organisasi Mahasiswa Baru

Senin, 21 September 2020 - 08:55 | 150.21k
Ahmad Molyadi, Penerima Beasiswa Mualamat, Pengurus PMII Rayon Al-farabi, Ketua Divisi Internal BEM-F, Mahasiswa Universitas Islam Malang (UNISMA).
Ahmad Molyadi, Penerima Beasiswa Mualamat, Pengurus PMII Rayon Al-farabi, Ketua Divisi Internal BEM-F, Mahasiswa Universitas Islam Malang (UNISMA).
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Pendidikan di tingkat perguruan tinggi adalah tempat kelanjutan belajar bagi pelajar yang sudah lulus di tingkatan SLTA, melanjutkan pendidikan dengan menyandang title baru sebagai mahasiswa di kampus PTN dan PTS pilihan, secara otomatis akan menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, bertanggung jawab untuk memahami dan mengaktualisasikan makna yang terkandung di dalamnya,  yang meliputi, Pendidikan atau pembelajaran. Penelitian atau pengembangan serta Pengabdian kepada masyarakat, sebagai mahasiswa harus selangkah lebih maju dari pelajar yang ada di tingkatan SLTP dan SLTA, belajar lebih produktif dalam mengasah intelektual, emosional dan spiritual, melakukan penelitian sebagai implementasi transformatif ilmu pengetahuan kita, mengabdikan diri kepada masyarakat malalui usaha memperjuangkan kesejahteraan sosial, budaya dan ekonomi.

Mahasiswa juga harus mampu merealisasikan nilai dalam cita-cita yang terkandung dalam Tri Fungsi Mahasiswa, bahwa mahasiswa sebagai Agent Of Change, Agen Of Control Cocial, dan Iron Stock, dengan cara memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta keyakinan dalam usaha mengaktualisasikan.

“Untuk meraih cita-cita besar kita tidak hanya perlu bertindak, tidak hanya perlu merencanakan, namun juga harus meyakini. (Anatole France) 

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk memahamkan mahasiswanya dalam segalah bidang keilmuan dan keluhuran budi pekerti, menjadi jembatan pengabdian kepada Nusa, Bangsa, dan Negara, kewajiban itu juga di pikul oleh organisasi kemahasiswaan yang memiliki peranan besar guna mendampingi dan mengantarkan mahasiswa untuk memahami dan mengaktualisasikan nila-nilai yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi serta Tri Fungsi Mahasiswa.

Ada banyak organisasi mahasiswa yang dalam hal ini menjadi wadah pengembangan segalah bidang ilmu pengetahuan, mulai pendampingan hingga mengaktualisasikannya secara bersma-sama dalam kehidupan nyata, ada organisasi internal kampus hingga organisas eksternal kampus.

Organisasi Internal kampus meliputi UAM (Unit Aktivitas Mahasiswa) hingga UKM (Unit Kreativitas Mahasiswa) yang terdiri dari lini tingkatan Universitas hingga tingkatan Fakultas, UAM di tingkatan universitas di antaranya BEM-U dan DPM-U yang bertugas sebagai badan Eksekutif dan Legislatif hingga Yudikatif, untuk UAM di tingkatan fakultas yaitu BEM-F dan DPM-F yang dalam hal ini memiliki tugas dan peranan yang sama dengan BEM dan DPM di tingkatan Universitas sekedar berbeda dalam segi akses lingkup intruksi dan kebijakan, jika di tingkatan Universitas meliputi semua fakultas, sedangkan di tingkatan fakultas sekedar meliputi himaprodi yang ada.

Di samping itu organisasi eksternal kampus seperti PMII (Pergerakan Mahasisa Islam Indonesia), HMI (Himpunan Mahasiswa Indonesia) dan IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) juga perperan aktif dalam pendampingan mahasiswa, dan di percaya menjadi wadah FGD (Focus Group Discussion) yang lahirkan aktualisasi, pengembangan intelektual, emosional hingga spiritual, hal ini terbukti dari kuantitas yang hampir selalu bertambah di setiap tahunnya yang mendaftarkan diri.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Organisasi internal kampus berbeda dengan organisasi eksternal kampus mulai dari produk hukum atau regulasi, orientasi penyusunan dan pelaksanaan program kerja hingga sumber pendanaan, jika organisasi internal kampus mutlak terikat secara stuktural hingga pendanaan yang di tanggung oleh kampus, beda halnya dengan organisasi ekternal kampus PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) contoh katakanlah yang dalam hal ini tidak terikat secara struktural, pengambilan kebijakan lebih-lebih pendanaan yang itu semuanya murni di lakukan secara mandiri.

Perbedaan sederhananya adalah:

Organisasi internal kampus melaksanakan pengabdian kepada organisasi dan terhadap kampus, sedangkan  Organisasi eksternal kampus melaksanakan pengabdian terhadap organisasi serta kepada masyarakat.

Pada intinya semua organisasi kemahasiswaan di tingkatan Universitas baik internal maupun eksternal semuanya baik, karenah pada dasarnya organisasi adalah sebuah wadah pengabdian, wadah pencarian jatih diri dalam mengasah intelektual, emosional dan spiritual guna menjadi insan yang mapan di segalah bidang keilmuan saat mengabdi di masyarakat.

Mahasiswa baru saat mulai masuk ke dalam kampus biasanya akan di suguhkan oleh banyak brosur organisasi mengajak untuk bergabung, dalam memilih organisasi kita harus mampu memilah dan memilih organisasi manakah yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita, jangan terlalu banyak join organisasi, cukup pilih satu atau dua yang sesuai dengan kemampuan kita tekuni dengan sungguh-sungguh dan totalitas guna mendapatkan apa yang kita harapkan (Barokah).

Tata niat yang lurus mulai dari sekarang dan tanamkan dalam keyakinan kita bahwa menjadi akademisi yang baik kita juga mampu menjadi organisatoris yang mapan.

“Masa depan yang baik adalah milik mereka yang peraya pada keindahan impian mereka” (Eleanor Roosevelt).

Bermimpilah setinggi langit,

Jika engkau jatuh,

Engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.

(Ir, Soekarno)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Ahmad Molyadi, Penerima Beasiswa Mualamat, Pengurus PMII Rayon Al-farabi, Ketua Divisi Internal BEM-F, Mahasiswa Universitas Islam Malang (UNISMA).

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES