Peristiwa Daerah

Rizky, Anak Gajah Sumatera Yang Baru Saja Lahir

Minggu, 20 September 2020 - 23:04 | 56.14k
Rizky, Anak Gajah Sumatra yang baru saja lahir di PLG Minas, Riau pada Jumat (18/9). (Foto: Dokumentasi KLHK)
Rizky, Anak Gajah Sumatra yang baru saja lahir di PLG Minas, Riau pada Jumat (18/9). (Foto: Dokumentasi KLHK)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas Provinsi Riau memiliki satu ekor anak gajah baru lahir, pada Jumat (18/9/2020), sekitar pukul 03.00 WIB. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar mengatakan, anak gajah itu berjenis kelamin betina dari induk Gajah Sumatera bernama Nia.

“Saya beri nama anak gajah itu dengan sebutan Rizky. Nama tersebut adalah sebagai simbol bagi rezeki alam, lingkungan hidup, dan  populasi yang berada di wilayah Sumatera,” kata Siti dilansir keterangan resmi, Minggu (20/9).

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono menjelaskan, induk Gajah Sumatera bernama Nia merupakan gajah binaan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

rizki b

“Sebelumnya, pada tanggal 3 Juli 2020 lalu, telah lahir seekor anak Gajah jantan di Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina, yang diberi nama Damar dari indukan bernama Ngatini dengan pejantan bernama Robin,” ungkap Suharyono.

Suharyono menerangkan, setelah mengetahui lahirnya bayi gajah Rizky, Tim Medis BBKSDA Riau dikoordinir oleh drh. Rini Deswita langsung menuju PLG Minas guna melakukan pengecekan kesehatan, baik induk maupun bayi gajah tersebut.

“Setelah melakukan pengecekan kesehatan, Tim memberikan asupan multi vitamin, dan penguat otot melalui infus, serta antibiotik kepada induk gajah Nia,” kata Suharyono.

Anak gajah yang dilahirkan Nia mempunyai estimasi berat badan berdasarkan lingkar badan dan tinggi bahu adalah sekisar 81 Kilogram.

“Nia dan anak yang dilahirkannya dalam kondisi sehat,” terang dia.

Ternyata, Gajah Nia dahulu adalah seekor gajah hasil evakuasi dari Desa Petapahan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau pada Juli 2006 lalu. Saat itu, Gajah Nia terkena jerat cukup parah di kaki sebelah kanan depan.

“Saat ini, umur Nia sekisar 20 tahun. Saya sangat antusias terhadap kelahiran bayi gajah yang telah berada dalam kandungan induknya selama kurang lebih 22 bulan ini. Semoga Gajah Sumatera dapat bertambah populasinya, baik yang berada di PLG, maupun yang ada di alam liar,” tegas Suharyono.

Kelahiran Rizky di PLG Minas menurut dia, merupakan suatu hal bukan biasa.

"Ini merupakan kejutan, dan hadiah yang sangat menggembirakan untuk Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2020," kata Suharyono.(*)

Edisi-Senin-21-September-2020-Anak-Gajah-Sumatera.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES