Pendidikan

Soal Kuota Internet Gratis, Edi Sugianto: Kemendikbud RI Harus Segera Salurkan

Minggu, 20 September 2020 - 22:10 | 76.08k
Kuota internet gratis dari Kemendikbud RI yang saat ini sudah diterima oleh beberapa pelajar di Jakarta. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Kuota internet gratis dari Kemendikbud RI yang saat ini sudah diterima oleh beberapa pelajar di Jakarta. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat Pendidikan Edi Sugianto mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) segera menyalurkan subsidi kuota internet gratis secara merata. Hal itu menyusul, saat ini semua sekolah masih aktif belajar jarak jauh.

"Sudah seharusnya, Kemendikbud melakukan langkah itu, mengingat kondisi ekonomi masyarakat saat ini tengah memprihatinkan," katanya kepada awak media, Minggu (20/9/2020).

Selain itu, lanjut Dekan Fakultas Dakwah Kampus Al Ghurabaa, Jakarta, tersebut, secara teknis, Kemendikbud RI juga perlu memperhatikan penyaluran kouta Internet Gratis tersebut.

"Karena hingga hari ini masih banyak sekolah atau kampus yang belum mendapatkan bantuan tersebut. Terutama, lembaga-lembaga swasta," jelasnya.

"Anggaran 7,2 triliun mesti digunakan seefektif dan sefisien mungkin. Jangan lupa, Pak Mentri wajib melakukan pengawasan dalam hal ini," ujarnya.

Seperti yang diketahui, Kemendikbud RI mengalokasikan dana sebesar Rp 7,2 triluin untuk subsidi kuota internet siswa, guru, mahasiswa dan dosen selama empat bulan ke depan, terhitung dari bulan September hingga Desember 2020.

Kemendikbud RI bakal memberikan kuota internet gratis sebesar 35GB untuk pelajar SD–SMA, guru sebesar 42GB, kemudian mahasiswa dan dosen masing-masing sebesar 50GB untuk mendukung program pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama pandemi Covid-19.

Namun diketahui, hingga saat ini bantuan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud RI tersebut belum menyeluruh atau belum disubsidikan. Padahal, kini kegiantan belajar mengajar jarak jauh atau belajar daring masih tetap aktif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES