Politik Pilkada Serentak 2020

Pasangan LADUB Siap Bangkitkan Pasar Tradisional di Kabupaten Malang

Minggu, 20 September 2020 - 17:19 | 29.64k
Hj Lathifah Shohib saat menyapa masyarakat. (Foto: Tim Malang Bangkit)
Hj Lathifah Shohib saat menyapa masyarakat. (Foto: Tim Malang Bangkit)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, MALANG – Keberadaan pasar tradisional di Kabupaten Malang sebagai penggerak perekonomian mendapat perhatian dari Pasangan LADUB (Hj Lathifah Shohib-Ir H Didik Budi Muljono).

Pasangan LADUB menegaskan siap membangkitkan kembali geliat pasar tradisional di Kabupaten Malang, ditengah gempuran pasar modern.

Bacabup Malang, Hj Lathifah Shohib mengatakan, upaya membangkitkan pasar tradisional adalah dengan melakukan revitalisasi beberapa pasar. Tujuannya, agar masyarakat bisa nyaman berbelanja.

"Kalau kondisi pasar tradisional bersih nyaman Insya Allah masyarakat mau belanja. Sebab pasar modern selama ini menawarkan fasilitas yang nyaman dan bersih," ujarnya, Minggu (20/9/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk merevitalisasi pasar tradisional perlu "political will" yang kuat dari pemerintah daerah. Sehingga, dalam Rancangan Pembanguna Jangka Menengah Daerah (RPJMD) revitalisasi pasar tradisional bisa dilakukan secara berkala dan terprogram.

"Tahun ini kan ada bantuan dari Kementerian Perdagangan untuk merevitalisasi 8 pasar di Kabupaten Malang. Artinya Pemerintah pusat sudah memberikan stimulan kepada Pemda, tinggal bagaimana kita nanti meneruskan program baik tersebut," imbuh wanita yang akrab disapa Bu Nyai tersebut.

Selain revitalisasi, Paslon Ladub yang mengusung jargon "Malang Bangkit" ini juga berencana akan membuat beberapa pasar tradisional percontohan yang bisa dijadikan rujukan. 

Menurut Bu Nyai, keberadaan pasar tradisional percontohan ini akan dijadikan rule model dan standar pembagunan pasar tradisional di Kabupaten Malang.

"Termsuk bagaimana pasar tradisional bisa mengadopsi teknologi terkini," kata Cucu Pendiri NU ini.

Mantan Anggota DPR RI itu juga mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat agar belanja di pasar tradisional juga penting disamping revitalisasi. 

"Sebab, melalui sosialisasi, bisa membangkitkan semangat masyarakat agar mau berbelanja ke pasar tradisional. Ini juga akan dilakukan kami (Pasangan LADUB) apabila dipercaya memimpin Kabupaten Malang," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES