Peristiwa Daerah

Kain Bordir Sketsa Mbah Moen Dipinang Bupati Malang Seharga Rp 1 Juta

Minggu, 20 September 2020 - 14:50 | 106.03k
Bupati Malang HM Sanusi menunjukkan karya Samsuddin, warga Lawang, Kabupaten Malang yang membuat sketsa wajah Mbah Moen dari kain bordir. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Bupati Malang HM Sanusi menunjukkan karya Samsuddin, warga Lawang, Kabupaten Malang yang membuat sketsa wajah Mbah Moen dari kain bordir. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGBupati Malang HM Sanusi langsung kepincut seketika melihat lukisan kain bordir sketsa wajah KH Maimun Zubair atau Mbah Moen.

Sanusi berdialog dengan Samsuddin, warga MCW NU Lawang, Kabupaten Malang, yang membuat karya tersebut.

Karya seni yang dibordir di atas kain putih tulang tersebut nampak mencolok dari kejauhan. Lukisan bordir ukuran 135 cm x 90 cm itu dipajang berjejeran di acara workshop kewirausahaan Pemkab Malang dan Unisma, Minggu (20/9/2020).

"Berapa harganya?" tanya Sanusi kepada Samsuddin.

"Dijual Rp 650 ribu," jawabnya.

"Ya. Saya beli Rp 1 juta," cetus Sanusi tanpa pikir panjang.

Dalam kesempatan tersebut, ia memberikan pengarahan kepada para pelaku UMKM yang tengah menjalani pelatihan kewirausahaan.

Sanusi memberikan dukungan penuh kepada masyarakat yang hendak membuka usaha. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, perekonomian masyarakat tersendat.

"Ini mampu meningkatkan peluang lapangan pekerjaan," imbuhnya.

Sanusi-5.jpg

Bupati berambut dominan putih tersebut mengaku siap menggratiskan izin usaha mikro bagi masyarakat.

Pemkab Malang membuka peluang bagi pelaku UMKM mengajukan pinjaman modal sampai batas Rp 50 juta dengan tanpa jaminan.

"Bunganya 6 persen setahun. Syaratnya harus ber-KTP Kabupaten Malang dan punya usaha. Kalau gak punya usaha gak bisa," tegasnya.

Sementara untuk perijinan usaha mikro, Sanusi menambahkan jika Pemkab Malang siap membantu proses perijinan hingga selesai.

"Nanti dia mengajukan apa kita proses. Selama berkaitan dengan usaha mikro, seluruh ijin yang dibutuhkan kita gratiskan. Semua kita bantu mengurus sampai ijin sertifikasi halal," bebernya.

Pemilik lukisan bordir kain, Samsuddin, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Malang HM Sanusi yang telah mengapresiasi karyanya.

Dia menggeluti dunia perbordiran sejak tahun 1994an. Selain sketsa wajah Mbah Moen, dia juga pernah membuat sketsa wajah Bung Karno.

"Kesulitannya ya di sketsanya. Kalau bordirnya cepet. Saya memang tukang bordir. Kalau gak lagi garap itu, ya garap bordir atribut sekolah," katanya.

Samsuddin hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk menyelesaikan garapannya. Paling lama pembuatan sketsa wajah yang hampir memakan waktu 2 hari.

Lukisan bordir kain sketsa wajah Mbah Moen yang dibeli Bupati Malang HM Sanusi langsung dikemas dan dibawa pulang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES