Peristiwa Daerah

Wakil Wali Kota Yana Ajak Ikmas Kei Ikut Jaga Kondusifitas Kota Bandung

Minggu, 20 September 2020 - 14:27 | 62.65k
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (kanan) saat menghadiri Acara Perayaan HUT Paguyuban Ikmas Kei Jawa Barat. (FOTO: Humas Pemkot Bandung for TIMES Indonesia)
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (kanan) saat menghadiri Acara Perayaan HUT Paguyuban Ikmas Kei Jawa Barat. (FOTO: Humas Pemkot Bandung for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNGWakil Wali Kota Yana Mulyana mengajak agar Ikatan Keluarga Masyarakat Kei (Ikmas Kei) Jawa Barat ikut secara aktif menjaga kondusifitas Kota Bandung.

Menurut Wakil Wali Kota Yana, Kota Bandung itu sebuah kota metropolitan memiliki daya tarik bagi warga dari namun di balik itu semua memiliki masalah yang sangat kompleks.

"Oleh karenanya, perlu dukungan dari berbagai pihak (termasuk Ikmas Kei) untuk menyelesaikannya," ungkap Yana dalam keterangannya, Minggu (20/9/2020).

Wakil Wali Kota Yana yang sempat menghadiri Acara Perayaan HUT Paguyuban Ikmas Kei Jawa Barat itu berharap semua pihak bisa bersama-sama menjaga Kota Bandung tetap aman, nyaman, dan kondusif.

"Pemkot Bandung tidak bisa menyelesaikan masalah yang sangat kompleks tanpa bantuan dari berbagai komponen masyarakat, termasuk Ikmas Kei yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat," katanya.

Orang nomor dua di Kota Bandung itu pun sangat mengapresiasi atas terbentuknya suatu komunitas yang didasarkan kepada kesukuan. Namun dirinya mengingatkan agar komunitas kesukuan tidak terjebak dalam isu sara.

"Kota Bandung memiliki falsafah someah hade ka semah, artinya ramah terhadap tamu. Tentunya mudah-mudahan gayung bersambut dengan falsafah adat dari teman-teman Ikmas Kei," kata Wakil Wali Kota Yana.

Sementara itu, Kepala Suku Ikmas Kei Jawa Barat M Abbas Hukubun mengatakan, suku Kei dalam kehidupan bermasyarakat secara sosial budaya saat ini masih kental dipengaruhi oleh adat.

"Adat ini secara turun temurun telah diikuti dan diijadikan pedoman hidup kami. Sebagai masyarakat kei yang berdomisili di wilayah Provinsi Jawa Barat akhirnya kami mendirikan paguyuban sebagai suatu wadah tempat kami berbagi satu sama lain," ucapnya.

Sedangkan Ketua Ikmas Kei Jawa Barat William Rahakbauw menyampaikan setelah menginjak usia 1 tahun, Ikmas Kei telah melalui berbagai proses dalam perjalanannya yang telah dilalui bersama-sama.

"Kita semua memiliki program dan tujuan. Para pengemban tugas di Ikmas Kei dengan sabar, loyal, kompak bersama meski pun ada sesuatu yang membuat goyah. Selaku ketua, saya imbau pengurus agar lebih mantap dan kooperatif," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES