Pendidikan

Tingkatkan Kepercayaan Diri Siswa Tuna Grahita, Dosen Unirow Tuban Luncurkan Buku Pop UP

Minggu, 20 September 2020 - 13:33 | 101.39k
Para siswa tuna grahita di SLB C Autis Negeri Tuban saat mengikuti proses pembelajaran terintegrasi semiotik dengan media buku pop, Minggu, (20/09/2020)(Foto: Achmad Choirudin/TIMES indonesia)
Para siswa tuna grahita di SLB C Autis Negeri Tuban saat mengikuti proses pembelajaran terintegrasi semiotik dengan media buku pop, Minggu, (20/09/2020)(Foto: Achmad Choirudin/TIMES indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBANUnirow Tuban melalui program kemitraan masyarakat tahun 2020, melakukan Kegiatan pengabdian masyarakat dengan menyasar siswa-siswi berkebutuhan khusus, tuna grahita di SLB C Autis Negeri Tuban.

Kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi pada siswa tunagrahita itu dimotori oleh Dr. Mu’jizatin Fadiana, M.Pd, dengan anggota tim terdiri atas dosen dan mahasiswa FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, yaitu Citra Dewi Rosalina, M.Pd, Munifatul Aisyah dan Eva Afrida Lucyana.

Pengabdian Msayarakat itu dilakukan melalui pembelajaran terintegrasi semiotik dengan media buku Pop up

SLB-C-Autis-Negeri-Tuban-2.jpg

Fadiana menyampaikan, anak tuna grahita mengalami kesulitan berbahasa atau kosakata dalam menyampaikan apa yang dipikirkan dan dirasakan, sehingga mereka kurang percaya diri dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan lingkungan.

"Rasa kepedulian kami terhadap anak tunagrahita inilah yang mendorong tim dosen Universias PGRI Ronggolawe Tuban melakukan pengabdian masyarakat untuk anak-anak tunagrahita di Kabupaten Tuban," kata Ketua tim pengabdian masyarakat, Fadiana, Minggu, (20/09/2020).

Dijelaskannya, anak tunagrahita adalah anak yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata pada umumnya dan disertai dengan hambatan dalam tingkah laku penyesuaian diri dan termanifestasi selama periode perkembangan. Sehingga butuh metode pembelajaran khusus untuk mempermudah proses kegiatan belajar mengajar.

Fadiana menambahkan, kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk mengembangkan buku Pop up sebagai media pembelajaran peserta didik tunagrahita di SLB C Autis Negeri Tuban. Nantinya dapat digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik tunagrahita.

Selanjutnya, akan diterapkan pembelajaran terintegrasi semiotik dengan media buku pop up pada siswa tungrahita di SLB C Autis Negeri Tuban.

“Dengan menggunakan media buku Pop up yang diterapkan melalui pembelajaran terintegrasi semiotik diharapkan siswa tunagrahita meningkat pemahamannya terhadap kosakata yang diucapkan, bertambah banyak kosakata yang dikenal, meningkat kemampuan berbahasa, sehingga mereka menjadi percaya diri dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan lingkungan,” terang Fadiana.

Buku Pop up adalah buku yang memiliki tampilan gambar tiga dimensi dan kinetik, gambar yang dapat bergerak ketika halamannya dibuka atau bagiannya digeser dapat bergerak sehingga dapat membentuk seperti benda aslinya. Buku pop up dapat memberikan visualisasi cerita yang lebih menarik, sehinga membuat cerita lebih menyenangkan dan menarik untuk dinikmati.

Sementara itu, pembelajaran terintegrasi semiotik adalah pembelajaran yang menggunakan perspektif semiotik. Semiotik adalah sebuah teori yang mempelajari tentang tanda, berfungsinya tanda dan makna yang dihasilkan oleh tanda.

Kepala SLB C Autis Negeri Tuban, Suwignyo, S.Pd., menyambut baik adanya pengabdian masyarakat.

Suwignyo memberikan apresiasi dan berterimakasih atas pelaksanaan program pengabdian masyarakat Unirow Tuban yang berbentuk pengembangan media pembelajaran berupa buku pop up dan pengenalan tentang pembelajaran berbasis semiotik untuk siswa tuna grahita. "Harapan kami ada keberlanjutan dari program pengabdian masyarakat yang telah dilakukan ini, jadi ke depan siswa siswi tuna grahita semakin percaya diri," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES