Peristiwa Daerah

Warga Desa Binor Probolinggo Evakuasi Elang Ular Bido

Minggu, 20 September 2020 - 12:27 | 213.84k
Komunitas Pecinta Rimba dan Satwa Indonesia menyerahkan elang ular bido pada BKSDA. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Komunitas Pecinta Rimba dan Satwa Indonesia menyerahkan elang ular bido pada BKSDA. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Warga Desa Binor, Paiton, Probolinggo Jawa Timur, berhasil mengevakuasi seekor Elang Ular Bido, yang menjadi korban perburuan liar. Saat diamankan dari salah satu warga, kondisi Elang Ular Bido itu lemah, namun tetap agresif.

Lemas namun masih beringas, itulah kondisi elang ular bido, atau spilornis cheela bido, yang diamankan komunitas pecinta rimba dan satwa Indonesia (Perisai), dari rumah warga di kawasan Semberrejo, Paiton.

Dalam video amatir berdurasi 27 detik, nampak elang ular bido itu terkurung dalam sangkar.

Sebelumnya, satwa yang dilindungi itu, berdasarkan informasi warga, tertangkap saat berburu di sekitar hutan Binor. Namun karena tidak tahu kalau Elang Ular Bido termasuk dilindungi, maka dibawa pulang oleh warga tersebut.

Elang-Ular-Bido-2.jpg

“Setelah kami jelaskan dan diberi pengertian, warga bersangkutan pun bersifat kooperatif menyerahkan Elang Ular Bido tersebut pada kami,” kata ketua Perisai, Zainal Abidin Fadilah, Minggu (20/9/2020).

Namun demikian, saat tim Perisai mendatangi rumah warga yang menangkap Elang Ular Bido, pemilik ketakutan. Selanjutnya, satwa liar itu diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA), di jalan Mastrip Kota Probolinggo.

Zainal dan warga setempat berharap, Elang Ular Bido yang tertangkap perburuan liar itu, bisa kembali dilepas-liarkan di kawasan hutan binor. Sebagai tempat atau lokasi endemik elang tersebut tumbuh.

Sementara itu, melalui pesan singkat, Kepala BKSDA Probolinggo, Sudartono menyebut, pihaknya sudah menerima Elang Ular Bido yang diamankan Perisai. “Selanjutnya akan kami observasi dahulu, jika sudah memungkinkan untuk dilepasliarkan, akan dilakukan. Lokasinya di Kawasan hutan Binor itu,” ujarnya.

Sejauh ini, kawasan Hutan Binor dimana Elang Ular Bido itu hidup, masih terjaga kelestariannya. Lantaran warga setempat, bersama komunitas pecinta lingkungan, tak hentinya melakukan penjagaan dan pengawasan. Agar hutan dan kondisi alam liar di kawasan tersebut, tetap lestari dan asri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES