Glutera News

Tips Membuat Video Menarik dengan Smartphone

Minggu, 20 September 2020 - 13:13 | 271.72k
Tips Membuat Video Menarik dengan Smartphone
(FOTO: Glutera News)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat ini banyak sekali orang yang mengambil atau membuat video dengan smartphone, bagi mereka terlalu rumit bila harus mengambil video menggunakan camcorder atau handycam, oleh karena itu mereka lebih memilih menggunakan smartphone yang lebih praktis. Kalian bisa mengetahui cara membuat video yang berkualitas dengan smartphone.

Untuk menghasilkan sebuah gambar video yang berkualitas baik kalian harus mempelajari berbagai cara. Berikut ini ada beberapa cara membuat video yang berkualitas dengan smartphone.

1. Kenali perangkat

Sebagai alat yang dipakai untuk merekam video, sudah barang tentu pengguna mesti mengenali kemampuan smartphone. Hal ini penting karena tak semua smartphone memiliki kemampuan yang setara soal perekaman video. Hasil rekaman video 4K yang bisa berbeda-beda kualitasnya antar ponsel meski sama-sama mengusung embel-embel “4K”, demikian pula dengan audio.

2. Kenali platform

Media sosial menjadi pilihan utama dalam membagikan kreasi video dengan smartphone. Tapi media sosial pun terbagi-bagi lagi menjadi beberapa platform. Disarankan agar video disesuaikan dengan karakteristik platform media sosial yang dipilih.

Misalnya, di Instagram, durasi video dibatasi selama satu menit sehingga kreator harus bisa memampatkan konten menarik dalam waktu singkat tersebut. Sementara, Instagram Stories cocok untuk video vertikal (portrait) dengan durasi 15 detik. Adapun YouTube sesuai untuk video horizontal (landscape) dengan beragam durasi. Di masing-masing platform ini ada perbedaan. Jadi, hendaknya kita harus tahu lebih dahulu di mana hendak menaruh video sebelum dibuat.

3. Buat rencana matang

Perencanaan matang adalah kunci untuk membuat video yang menarik. Pertama adalah persiapan cerita yang kira-kira akan menarik bagi penonton, atau cari topik yang sedang hangat dibicarakan. Kedua fokuskan pembuatan video pada cerita agar alurnya tetap relevan dengan inti utama cerita.

Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat-tempat yang akan dijadikan lokasi perekaman video. Ketiga, cari objek-objek yang bisa mendukung cerita dalam video. Komposisi dan sudut gambar pengambilan gambar yang menarik bisa mendukung ketertarikan penonton terhadap video.

4. Siapkan perlengkapan

Smartphone memang bisa digunakan untuk merekam secara spontan hanya dengan tangan. Namun hasil video bisa lebih maksimal apabila turut didukung perlengkapan tambahan. Satu perlengkapan yang paling penting adalah tripod portable yang bisa dipakai untuk menstabilkan video rekaman smartphone, sekaligus membuatnya bisa ditaruh di satu tempat untuk waktu lama.

Soal audio, perhatikan agar jari tangan tidak menutup mikrofon smartphone ketika merekam. Mikrofon eksternal juga bisa dipakai apabila membutuhkan suara yang lebih jernih. Pengguna juga bisa menambah alat lain untuk tujuan spesifik, misalnya filter natural density (ND) atau gimbal untuk menstabilkan perekaman saat smartphone bergerak.

5. Gunakan imajinasi

Unsur imajinasi sangat penting dalam menghasilkan rekaman video yang menarik. Ada beberapa aspek dalam video yang bisa diperkaya lewat imajinasi kreator, seperti pergerakan kamera yang dinamis dan transisi antar lokasi dalam video. Foto (still picture) juga bisa diselipkan dalam video untuk menambah elemen menarik.

Tak kalah penting adalah kreativias dalam memilih musik pendukung yang pas dengan mood video. Proses pemilhan musik ini biasanya paling lama karena kita harus mencari yang benar-benar pas dengan video.

6. Perhatikan framing gambar

Framing dan komposisi gambar yang baik akan membuat penonton nyaman. Saat berbicara di depan kamera (smartphone) misalnya, usahakan subjek jangan berada di pinggir frame supaya tidak meninggalkan area kosong (negative space) yang mengganggu pandangan.

Perhatikan pula apakah foreground dan background sudah pas dengan isi frame video. Saat subjek berbicara tadi, misalnya, sebaiknya hindari terlalu banyak warna atau corak di latar belakang dan latar depan supaya tak mengalihkan fokus audiens.

Aspect ratio video juga menjadi hal penting yang mesti disesuaikan dengan platform media sosial tempat berbagi video nanti. Misalnya, Instagram Stories itu punya aspect ratio 16:9, jadi sebaiknya ubah aspect ratio default kamera smartphone yang 4:3 menjadi 16:9 supaya gambar tidak terpotong (cropped).

7. Terapkan editing yang menarik

Editing adalah proses akhir di mana kreator menyatukan semua bahan video dan menyusunnya sedemikian rupa agar tersaji sesuai keinginan. Proses pasca-produksi ini adalah bagian sangat penting yang bisa menentukan rupa akhir video. Oleh karena itu, disarankan kreator agar sebisa mungkin memaksimalkan video lewat editing.

Ibarat sayur tanpa garam, sebuah video disebutnya masih belum lengkap apabila belum melalui proses editing. Kalau rekaman video sudah bagus, tapi editingnya tidak bagus, ya hasilnya bisa berantakan.

8. Giat belajar

Giat belajar adalah kuncinya. Jangan takut untuk mencoba. Trial and error saja, nanti juga bisa. Agar kreator video agar menemukan gayanya sendiri. Dia mencontohkan para vlogger beken yang dikenal berkat style khas masing-masing.

10 Aplikasi Edit Video di Smartphone Android yang Mudah Digunakan

Selain menggunakan software pengedit video yang tersedia di laptop. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi edit video yang dengan mudah dilakukan di Android. Caranya mudah, hanya dengan mengunduh aplikasinya secara gratis di Play Store.

Aplikasi edit video di Android ini lebih memudahkan kamu untuk menggabungkan, memotong atau menambah effect suara dalam video yang kamu ambil langsung dari handphone.

1. FilmoraGo

Aplikasi edit video Android untuk Instagram atau sosial media lain yang bisa kamu coba salah satunya ada FilmoraGo. Aplikasi editor video di Android yang digemari banyak pengguna dan mudah digunakan.
FilmoraGo memiliki beberapa fitur seperti pemotongan video, penambahan tema, musik hingga menggabungkan video-video pilihan.

Kamu juga bisa menambahkan transisi, slow motion, teks dengan rasio video 1:1 hingga 16:9.
Setelah diedit, video pun akan langsung bisa diunggah ke media sosial apapun atau kamu simpan dalam galeri. Selain fitur-fitur gratis, jika kamu memiliki uang tambahan, kamu juga bisa membeli agar fitus edit video semakin canggih.

2. Adobe Premiere Clip

Kamu bisa men-drag dan drop video klip serta menyusunnya sesuai dengan urutan yang diinginkan. Selain itu bisa juga memotong durasi, mengatur pencahayaan hingga transisi dan menambah efek.

Hebatnya, hasil edit video yang sudah kamu lakukan di Android bisa dikirimkan ke aplikasi Adobe Premiere versi dekstop yang lebih canggih. 

3. VideoShow

VideoShow menjadi salah satu aplikasi edit video Android yang bisa kamu coba. Aplikasi ini dengan mudah kamu dapatkan secara gratis di Android yang tersedia di Play Strore secara gratis.
Percantik video dengan menambahkan efek, teks, musik hingga dubbing suara kamu langsung. Video yang kamu edit pun kualitasnya akan tetap bagus dengan durasi yang tidak terbatas. Di aplikasi ini kamu juga bisa langsung mengompres ukuran video.

4. PowerDirector

PowerDirector merupakan aplikasi edit video yang bisa dibilang berfitur lengkap dan mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki lebih dari 30 efek dan transisi efek yang berbeda serta dapat menambahkan beberapa video menjadi satu.

Jika kamu bingung atau baru pertama kali mengoperasikan aplikasi ini, jangan khawatir. Karena PowerDirector memiliki video tutorial untuk semua fiturnya lho.

5. KineMaster

KineMaster adalah salah satu aplikasi edit video di Android untuk YouTube atau pun Instagram. Fitur-fitur canggihnya memudahkan kamu untuk mengimpor file dari media yang berbeda. Selain itu kamu juga bisa dengan mudah memotong, memberikan efek hingga menambahkan tulisan dalam video.

6. VivaVideo

Jadi salah satu yang sering digunakan pengguna Android. VivaVideo memiliki ratusan efek filter hingga klip. Kamu juga bisa memotong video dan menyusunnya menjadi kesatuan yang utuh. Tak ketinggalan ada efek slow motion yang membuat video kamu tampak terlihat lebih profesional.

7. Movie Maker Filmmaker

Kamu tidak perlu menggunakan laptop untuk mengedit video yang sudah dibuat. Cukup dengan smartphone Android, kamu bisa dengan lancar mengedit video. Aplikasi ini bisa mengolah hasil rekaman dari ponsel kamu dengan kualitas terbaik. Tak hanya memotong video, kamu juga bisa menambahkan musik dan memberikan efek filter yang membuat video kamu lebih menarik.

8. Inshot

Aplikasi Inshot agak berbeda dengan aplikasi edit video lain seperti aplikasi VivaVideo, VideoShow atau VideoPad, aplikasi Inshot tidak dapat menggabungkan beberapa video ataupun foto.

Aplikasi edit video di Android ini lebih berfokus pada pengeditan video dari segi penambahan lagu, tema, blur background hingga penambahan teks. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, langsung saja download di PlayStore.

9. Quik

Aplikasi Quik bisa memudahkan kamu untuk memotong video, menambahkan efek, tulisan dan menyinkronisasi semuanya secara cepat dengan tambahan musik. Video yang sudah diedit dapat kamu simpan dengan ukuran 1080 p atau 720 . Kamu juga bisa langsung mengunggah video ke sosial media. Gratis dan mudah digunakan.

10. Magisto

Bagi kamu yang amatiran dalam hal mengedit video saat membuat video dengan smartphone, bisa coba aplikasi edit video yang bernama Magisto. Aplikasi ini bisa kamu gunakan di Android ataupun iOS. Magisto memiliki keunggulan untuk merangkai foto atau video yang nantinya bisa digambungkan menjadi sebuah alur film. Magisto dapat menjadi pilihan untuk aplikasi edit video di Android tanpa watermark jika kamu berlangganan. (*)



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • AHY Serahkan Bukti Legalitas Kepengurusan Partai Demokrat ke Kemenkum HAM
    AHY Serahkan Bukti Legalitas Kepengurusan Partai Demokrat ke Kemenkum HAM
    08/03/2021 - 14:03
  • Katrol Potensi Wisata Bangkalan, Haji Koko Pamorhadi Dipuji Dedy Mahendra
    Katrol Potensi Wisata Bangkalan, Haji Koko Pamorhadi Dipuji Dedy Mahendra
    08/03/2021 - 13:59
  • Sri Untari: Almarhum Hasan Abadi Miliki Gagasan Visioner
    Sri Untari: Almarhum Hasan Abadi Miliki Gagasan Visioner
    08/03/2021 - 13:55
  • Polri Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Ribuan Purnawirawan Polri
    Polri Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Ribuan Purnawirawan Polri
    08/03/2021 - 13:51
  • 10 Tahun Menjabat, Indartato Bangun 143.850 Meter Jalan Pertanian dan Irigasi di Pacitan
    10 Tahun Menjabat, Indartato Bangun 143.850 Meter Jalan Pertanian dan Irigasi di Pacitan
    08/03/2021 - 13:45

TIMES TV

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

15/12/2020 - 15:25

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru
Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75

Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75
Meluaskan Manfaat

Meluaskan Manfaat
Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Perempuan Berdikari di Tengah Pandemi
    Perempuan Berdikari di Tengah Pandemi
    08/03/2021 - 07:48
  • Ngopi Pagi: Wabah
    Ngopi Pagi: Wabah
    08/03/2021 - 07:06
  • Fenomena Perbedaan Pendapat Dalam Islam
    Fenomena Perbedaan Pendapat Dalam Islam
    08/03/2021 - 02:20
  • Humor Retjeh Pendiri Bangsa di Banda Neira
    Humor Retjeh Pendiri Bangsa di Banda Neira
    08/03/2021 - 00:52
  • Blantik Bermartabat
    Blantik Bermartabat
    08/03/2021 - 00:15
  • Ngopi Pagi: Ujian
    Ngopi Pagi: Ujian
    07/03/2021 - 07:03
  • Peradaban Islam Rahmatan Lil Alamin
    Peradaban Islam Rahmatan Lil Alamin
    07/03/2021 - 02:18
  • Ketuhanan yang Maha Esa, Cinta, Makna dan Corona B117
    Ketuhanan yang Maha Esa, Cinta, Makna dan Corona B117
    06/03/2021 - 11:40

KULINER

  • Pedas Nikmat di Nasi Judes Yu Gembul Ponorogo
    Pedas Nikmat di Nasi Judes Yu Gembul Ponorogo
    08/03/2021 - 09:10
  • Black Melody Jadi Incaran Penikmat Kopi di Kota Tasikmalaya
    Black Melody Jadi Incaran Penikmat Kopi di Kota Tasikmalaya
    07/03/2021 - 01:34
  • Rawon Sup Terenak se-Asia Versi Taste Atlas
    Rawon Sup Terenak se-Asia Versi Taste Atlas
    06/03/2021 - 15:30
  • Sajikan Ragam Bakso, Udang dan Cumi Jadi Andalan Kedai A.Je Majalengka
    Sajikan Ragam Bakso, Udang dan Cumi Jadi Andalan Kedai A.Je Majalengka
    06/03/2021 - 15:00
  • Shokudo Resto Sajikan Fusion Sushi Nachos
    Shokudo Resto Sajikan Fusion Sushi Nachos
    06/03/2021 - 04:04
  • Max Sopacua Tak Bisa Jawab Peserta KLB, Andi Mallarangeng Tertawa Geli
    Max Sopacua Tak Bisa Jawab Peserta KLB, Andi Mallarangeng Tertawa Geli
    08/03/2021 - 00:04
  • Gila, Kisah Model Seksi Rela Jadi Pemuas Nafsu Mike Tyson 
    Gila, Kisah Model Seksi Rela Jadi Pemuas Nafsu Mike Tyson 
    08/03/2021 - 06:02
  • Promo Superindo 8 Maret 2021: Wow, Diskonnya hingga 50 Persen
    Promo Superindo 8 Maret 2021: Wow, Diskonnya hingga 50 Persen
    08/03/2021 - 04:31
  • Bawa-bawa Jokowi soal Kaesang, Ibunda Felicia Minta Maaf
    Bawa-bawa Jokowi soal Kaesang, Ibunda Felicia Minta Maaf
    08/03/2021 - 08:25
  • Aksi Prajurit TNI Kunyah Beling Bikin Nyali Tentara Amerika Ciut
    Aksi Prajurit TNI Kunyah Beling Bikin Nyali Tentara Amerika Ciut
    08/03/2021 - 08:00