Peristiwa Daerah

Ketua DPD Granat Jatim Arie Soeripan: Edukasi Generasi Muda, Komitmen Melawan Narkoba

Sabtu, 19 September 2020 - 22:30 | 59.33k
Ketua DPD Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Jatim Arie Soeripan, Sabtu (19/9/2020). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Ketua DPD Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Jatim Arie Soeripan, Sabtu (19/9/2020). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ketua DPD Gerakan Nasional Anti Narkoba atau Granat Jatim Arie Soeripan terus berkomitmen memberikan edukasi tentang bahaya peredaran gelap dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang kepada kalangan usia remaja di tengah pandemi Covid-19. Kendati harus beralih pada seminar daring dalam sosialisasi demi meminimalisir tatap muka untuk keselamatan bersama. 

"Pada Agustus kemarin misalnya. Kami mengadakan seminar dengan keynote speaker Wagub Jatim, Ketua Komisi A DPRD Jatim, Dirresnarkoba Polda Jatim, Plh Ketua Umum DPP Granat dan dibuka oleh Ketua Umum DPP Granat Henry Yosodiningrat," ungkap Arie di sela mengisi memberikan edukasi bahaya narkoba di acara Rotary Empathy for Charity, Sabtu (19/9/2020).

Maka, pandemi Covid-19 ini memang tidak menjadi kendala untuk Granat tetap komitmen dan konsisten. Selain itu, lanjut Arie, Granat juga harus lihai mensiasati saat memberi edukasi. 

"Jangan kalah lihai dan piawai sama bandar narkoba. Kami juga tidak mau lengah. Kami melangkah seratus lebih cepat daripada bandar narkoba," tandasnya. 

Karena, imbuhnya, Granat tidak hanya sekedar nama saja, namun benar-benar ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Khususnya generasi muda penerus bangsa. 

"Kenapa sasaran kami adalah generasi muda, karena generasi muda merupakan usia produktif, masa depannya masih panjang," jelas Arie. 

Apalagi generasi ini mempunyai sifat yang sangat labil, mudah terkontaminasi dengan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Bahkan biasanya semakin dilarang semakin penasaran. 

"Ingin tahu kenapa kok dilarang, kalau memang itu dilarang kenapa kita selalu menemukan barang-barang haram tersebut? Nah, inilah tantangan kita," ujarnya. 

Tak mau kalah, Granat Jatim juga mempunyai strategi dan taktik dalam hal ini dengan melakukan pendekatan secara personal. Seperti mengenali hobi anak muda dan mengarahkan pada hal positif serta menyisipkan kegiatan edukasi. 

"Anak-anak muda itu biasanya kalau dikerasin, dikasarin, dengan bahasa intonasi agak kasar, mereka semakin lari. Tetapi harus pendekatan dengan cara halus, touch, dengan kasih sayang," ungkapnya. 

Arie Soeripan juga mengucapkan terimakasih kepada media yang telah membantu aktifitas Granat selama ini.

Bantu Charity di Acara Rotary

Salah satu giat yang dilakukan Arie Soeripan adalah terlibat sebagai donatur dan menjadi narasumber dalam acara Rotary Empathy for Charity di Food Junction, Surabaya. 

DPD Granat Jatim diundang secara khusus sebagai narasumber untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tentang penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba bagi generasi muda untuk kalangan muda generasi penerus bangsa. 

"Selain itu kami juga memberikan charity berupa buku tulis pada event hari ini," ucap Arie. 

Ketua DPD Granat Jatim Arie Soeripan memuji bahwa event tersebut sangat bagus. Meski di tengah pandemi Covid-19, Rotary tetap konsisten dan komitmen mengadakan event charity tanpa mengabaikan protokol kesehatan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES