Politik Pilkada Serentak 2020

Launching Pilbup Secara Virtual, KPU Lamongan Usung Tagline Ayem Tentrem

Sabtu, 19 September 2020 - 21:23 | 34.01k
Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali (tengah), memberikan keterangan pada sesi konferensi pers Launching Pilbup Lamongan, Sabtu (19/9/2020). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali (tengah), memberikan keterangan pada sesi konferensi pers Launching Pilbup Lamongan, Sabtu (19/9/2020). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Lamongan resmi melaunching Pilbup Lamongan 2020, yang dilakukan secata virtual dari Pendopo Lokatantra Lamongan, Sabtu (19/9/2020).

Dalam launching tersebut, KPU juga menyampaikan tag line yang diusung pada Pilbup 2020, yaitu pemilihan Lamongan Ayem Tentrem.

"Maksud tag line tersebut adalah bagaimana pelaksanaannya bisa berjalan lancar, damai, dingin dan pelaksanannya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlangsung," kata Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali, kepada wartawan.

Launching tersebut merupakan rangkaian sosialisasi Pilbup 2020 serta Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pilkada serentak ynag berlangaung dalam situasi pandemi Covid-19.

"Kami sosialisasikan bahwa pada setiap tahapan tetap melaksanakan sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan," tuturnya.

Mahrus menekankan, terkait pelaksanaan kampanye yang akan berlangsung setelah penetapan nomor urut pasangan calon, tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan membatasi pelaksanaan rapat tertutup dengan hanya dihadiri 50 persen dari kapasitas ruang.

Sedangkan untuk pertemuan terbuka hanya boleh dihadiri oleh 100 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secera ketat.

"Terhadap bapaslon pada setiap melaksanakan tahapan harus sesuai dengan aturan dalam PKPU. Untuk mereka yang didapati ada pelanggaran terhadap protokol kesehatan, tentu akan dilakukan teguran lebih ke preventif. Selama PKPU tentang sanksi itu belum turun, maka sanksinya akan dilaksanakan tergantung dari kearifan daerah masing-masing," ujarnya.

Menurut Mahrus, saat ini KPU daerah masih menunggu aturan PKPU untuk aturan dan sanksi bagi calon yang melanggar aturan protokol kesehatan, yang saat ini masih digodok oleh KPU RI.

"Sehingga untuk melakukan tindakan kebijakan harus berpegang pada regulasi," ucapnya.

Pelaksanaan launching Pilbup Lamongan yang digelar mulai pukul 19.00 WIB, diramaikan oleh artis dangdut kenamaan Jatim, diantaranya Gery Mahesa dan Lala Widi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES