Peristiwa Nasional

4 Pejabat Tinggi di Indonesia Terpapar Covid-19 Dalam Dua Hari Terakhir, Siapa Saja?

Sabtu, 19 September 2020 - 21:17 | 42.33k
Covid-19 makin mengganas. (FOTO: Okezone)
Covid-19 makin mengganas. (FOTO: Okezone)

TIMESINDONESIA, JAKARTACovid-19 nampaknya tak bisa disepelekan oleh siapapun. Pasalnya, virus jenis baru ini tak hanya mengancam kalangan bawah saja. Namun, para pejabat tinggi negara juga bisa terpapar oleh virus tersebut.

Diketahui, dalam dua hari saja, mulai Jumat (18/9/2020) sampai Sabtu (19/9/2020) ini, setidaknya telah ada empat tokoh yang terpapar Covid-19. Siapa saja mereka?

1. Ketua KPU RI Arief Budiman

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diketahui usai Arief menjalani tes PCR atau swab test.

"Tanggal 17 September malam hari melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Bogor tanggal 18 September dengan hasil positif," kata Arief Jumat (18/9/2020).

Pada Sabtu (19/9/2020) ini, Komisioner KPU RI Viryan Azis mengungkapkan kondisi Arief Budiman sehat serta masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

2. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi ikut mengonfirmasi diri terpapar Covid-19. Pramono menyusul Ketua KPU Arief Budiman dan Komisioner Evi Novida Ginting yang sebelumnya telah dinyatakan positif Covid-19.

Pramono mengatakan mengetahui kondisinya dari hasil tes usap. Tes dilakukan setelah Arief dinyatakan positif dan harus isolasi mandiri.

"Saya ingin mengabarkan bahwa berdasarkan tes swab kemarin yang hasilnya saya dapatkan tadi siang, saya dinyatakan positif terpapar Covid-19," kata Pramono Sabtu (19/9/2020).

3. Rektor Institut Pertanian Bogor Arif Satria

Rektor Institut Pertanian Bogor atau IPB University Arif Satria juga mengabarkan dirinya positif terjangkit Covid-19. Arif mengatakan, meski positif Corona dirinya merasa dalam kondisi fisik yang baik. Dia saat ini menjalani isolasi mandiri.

"Di tengah berbagai aktivitas yang padat, atas inisiatif saya sendiri, saya melakukan test swab pada tanggal 18 September dan ternyata hasilnya dinyatakan positif," kata Arif dalam pernyataan resminya, Sabtu (19/9/2020).

"Alhamdulillah pada saat ini saya merasa dalam kondisi fisik yang baik untuk tetap dapat beraktivitas dan melaksanakan tanggung jawab saya selaku Rektor melalui koordinasi secara virtual," ujarnya.

4. Dewan Pengawas KPK RI, Syamsudin Haris

Setelah Novel Baswedan yang telah sembuh, kabar mengejutkan kembali datang dari KPK RI. itu setelah Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK RI, Syamsudin Haris terkonfirmasi positif Covid-19. Syamsudin saat ini telah dirawat di Rumah Sakit Pertamina.

"Ya (terpapar Covid-19). Mohon doanya ya," katanya seperti mengutip dari CNNIndonesia.com Sabtu (19/9/2020).

Angka Covid-19 secara nasional memang terus mengganas. Diketahui, tambahan kasus baru konfirmasi positif Covid-19 tembus rekor hari ini, Sabtu (19/9/2020). Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat tambahan sebanyak 4.168 kasus baru dari berbagai daerah di Indonesia. 

Selama sepekan terakhir, tambahan kasus positif Covid-19 secara harian terus berada di angka 3.000 kasus per hari. Rekor harian sebelumnya pada 16 September sebanyak 3.963 kasus, memecahkan rekor sebelumnya pada 10 September dengan jumlah 3.861 kasus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES