Peristiwa Daerah

Rotary Empathy for Charity, Melatih Milenial Teknik Fotografi Lewat Gawai 

Sabtu, 19 September 2020 - 20:40 | 62.15k
Past District Governor Rotary 3420 Mufid Wahyudi didampingi Diana Andalusi dari RC Surabaja-Darmo saat acara Empathy for Charity di Food Junction, Grand Pakuwon, Surabaya, Sabtu (19/9/2020). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Past District Governor Rotary 3420 Mufid Wahyudi didampingi Diana Andalusi dari RC Surabaja-Darmo saat acara Empathy for Charity di Food Junction, Grand Pakuwon, Surabaya, Sabtu (19/9/2020). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Rotary Club Surabaja-Darmo berkolaborasi dengan Rotaract Club Surabaya Darmo Raya, Rotaract Club Sidoarjo dan Bali Children Foundation-Yayasan Samiarsa Seminyak serta didukung penuh oleh Rotary District 3420 Region 5,6,7 Jawa Timur menggelar Empathy For Charity-Fun Photography & Coloring About People of Action di Food Junction, Grand Pakuwon, Surabaya, Sabtu (19/9/2020). 

Kegiatan ini mengajak para remaja untuk berlatih fotografi sambil memberikan donasi barang atau uang untuk anak-anak yang kekurangan. Pelaksanaan sendiri juga menerapkan protokol kesehatan dengan membagi dua area pelatihan guna menjaga physical distancing. 

Menurut Past District Governor Rotary 3420 Mufid Wahyudi, belajar menggunakan kamera dengan baik akan membuat kegiatan fotografi menjadi lebih menyenangkan. Sebab fotografi selayaknya terapi.

Berbekal kamera dan waktu untuk memotret, remaja bisa mendapatkan waktu luang yang menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun masih ada orang yang tidak menikmati proses kreatif pengambilan foto. Padahal berbekal lebih banyak pengetahuan soal fotografi akan membuat momen memotret menjadi lebih menyenangkan.

"Karena itu, untuk menghasilkan foto yang indah dan menarik, tidak ada salahnya mempelajari berbagai hal terkait fotografi," imbuhnya. 

Rotary-Empathy-2.jpg

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan ini selain melatih kemampuan dasar fotografi dan kemampuan mengekspresikan kreativitas dengan kamera untuk pelajar SMA dan Mahasiswa juga bertujuan menumbuhkan rasa empati dan rasa mau berbagi dari para peserta, Rotaract dan juga para Rotarian. 

Karena para peserta yang mengikuti pelatihan fotografi ini diharapkan juga memberikan donasi berupa uang, alat-alat tulis atau mainan. 

Donasi yang terkumpul nantinya oleh Rotary Club Surabaja-Darmo bersama Bali Children Foundation akan dibagikan kepada anak-anak yang kurang mampu. 

Selain pelatihan fotografi yang dikemas dengan suasana santai oleh Tim Katalis (Komunitas Suka Fotografi dan Menulis) dan sesi mewarnai dan membuat Quote menggunakan produk Faber Castell ada 

juga penyampaian informasi tentang Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Di Lingkungan Generasi Muda yang disampaikan oleh Ketua DPD GRANAT Jawa Timur Dra Arie Soeripan.

Di akhir acara ada sesi Refleksi Diri "The Power of The Dream" yang akan dipandu oleh Rtr. Shantika Wijayaningrat.

DRR. Dewi Nindita selaku District Rotaract Representative yang juga hadir dalam kegiatan ini berharap dengan adanya pelatihan ini, kemampuan para remaja terutama Rotaract dalam fotografi dapat 

meningkat sehingga mampu menjadikan fotografi sebagai alat komunikasi visual dan bahan publisitas yang bermanfaat.

Sementara itu, menurut Presiden Rotary Club Surabaja-Darmo-Presiden Marlius Barat SBA, pengumpulan donasi ini akan berlangsung hingga tanggal 1 November 2020. 

Sedangkan kegiatan pelatihan fotografinya direncanakan akan dilakukan di Surabaya, Bali, Nusa Lembongan dan Buleleng. 

Rotarian, Rotaract dan masyarakat umum dapat ikut berdonasi dalam Empathy For Charity-Fun Photography & Coloring About People of Action di Food Junction berupa alat tulis, buku bacaan, tas sekolah, dan juga uang tunai yang akan digunakan untuk pembelian voucher kuota internet. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES