Peristiwa Daerah

Perkuat Literasi, LTNNU Jombang Gelar Madrasah Jurnalistik

Sabtu, 19 September 2020 - 18:12 | 53.96k
Penyampaian materi pada madrasah jurnalistik di PC NU Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Penyampaian materi pada madrasah jurnalistik di PC NU Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Perkuat budaya literasi kader muda Nahdlatul Ulama, Pimpinan Cabang Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (PC LTNNU) Jombang, Jawa Timur bekali para kader dengan menggelar Madrasah Jurnalistik.

Madrasah Jurnalistik akan digelar selama emoat hari di gedung aula PC. NU Jombang 19-20 September dan 26-27 September 2020.

A. Syamsul Arifin, Ketua PC LTNNU Jombang mengatakan, bahwa madrasah jurnalis selain sebagai salah satu program kerja dari LTNNU juga melihat keresahannya mengenai dunia literasi yang mulai pudar dikalangan kaum muda saat ini.

PC-NU-Jombang-2.jpg

"Tidak seimbangnya antara pertumbuhan dunia digital atau platform informasi dengan dunia literasi saat ini," ungkapnya kepada TIMES Indonesia Sabtu, (19/9/2020) sore.

Berangkat dari keresahan tersebut, LTNNU Jombang berupaya membangkitkan semangat literasi kepada kaum muda khususnya bagi kader muda NU yang merupakat tali estafet generasi NU.

"Peserta dari kader muda NU, seperti IPNU-IPPNU, PMII dan perwakilan dari setiap MWC NU dikabupaten Jombang yang berjumlah 20 orang peserta," kata Syamsul.

Dalam hal ini, LTNNU Jombang juga menggadeng Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlotul Ulama Jombang (PC.ISNU) sebagai basis masa kaum terpelajar yang nantinya bisa bersinergi untuk menguatkan budaya literasi.

PC-NU-Jombang.jpg

"Kami juga bersinergi dengan PC. ISNU Jombang," jelasnya.

Kemudian diharapkan para peserta setelah lulus dari pelatihan ini mampu masuk kedunia kerir dengan masuk ke media sebagai jurnalis.

"Kita akan menjebatani para peserta yang ingin masuk ke dunia jurnalis. Sementara kita akan menampung tulisan-tulisan mereka di media lokal NU. Saya yakin kedepannya banyak media online maupun media cetak yang membutuhkan jurnalis-jurnalis seperti mereka," bebernya.

LTNNU Jombang berharap Madrasah Jurnalistik bisa kembali menghidupkan dunia literasi yang sudah semakin hari semakin menurun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES