Peristiwa Daerah

Rayakan HUT ke-3, HIPAKAD Jatim Konsolidasi Solidkan Komando

Sabtu, 19 September 2020 - 16:57 | 81.54k
Pemotongan tumpeng perayaan HUT ke-3 HIPAKAD. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Pemotongan tumpeng perayaan HUT ke-3 HIPAKAD. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – DPD Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Jawa Timur merayakan HUT ke-3 HIPAKAD di Kebun Teh Wonosari, Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (19/9/2020).

Pertemuan konsolidasi itu diikuti 16 DPC HIPAKAD se-Jawa Timur. Tercatat ada 16 DPC yang mengikuti dengan masing-masing DPC dibatasi hanya boleh mengirim 10 perwakilan.

Ketua DPD HIPAKAD Jatim, Priyo Effendy, mengatakan permintaan daerah (DPC) cukup tinggi. Artinya, antusiasme mereka luar biasa untuk bisa bergabung dalam satu forum perayaan ini.

HIPAKAD 1

Namun, pihak penyelenggara terpaksa membatasi jumlah orang yang hadir karena ada pandemi Covid-19.

"Karena pandemi, kita harus betul menjaga protokol kesehatan Covid-19. Kalau pandemi sudah selesai, kita bisa hadirkan semuanya dengan tempat yang sangat luas. Kita akan lakukan konsolidasi lagi," tegasnya.

Dalam upaya pencegahan Covid-19, pihaknya mengaku telah melakukan kegiatan sosial kemanusiaan dengan penyemprotan disinfektan ke 14 ribu rumah secara maraton dalam waktu 12 hari.

Selain itu, HIPAKAD juga membantu masyarakat terdampak Covid-19. Bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk sembako untuk meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak.

Lahir 20 September 2017, HIPAKAD di usianya yang ketiga tahun ini mengusung tema "3 Tahun HIPAKAD: Menumbuhkan dan Menguatkan Semangat Satu Jiwa, Satu Korsa, Satu Komando".

HIPAKAD 2

"Kita ingin saling mengakrabkan satu sama lain. Nanti akan ada out bound dan pendalaman materi wawasan kebangsaan," imbuhnya.

Priyo menegaskan, HIPAKAD siap mengawal dan mengikuti program-program pemerintah dan TNI terutama TNI AD sebagai wujud solidaritas dalam keluarga besar.

Acara peringatan HUT ke-3 HIPAKAD ini digelar selama dua hari. Mulai hari ini (19/9/2020) hingga Minggu (20/9/2020) besok.

Dihadiri Pangdam V Brawijaya yang diwakili Wakil Danrindam V Brawijaya Kolonel Inf Ridwan, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Bupati Malang diwakili Kepala Dinas Ketenagakerjaan, GM FKPPI serta perwakilan sejumlah ormas dan instansi.

Kolonel Inf Ridwan berpesan kepada generasi muda HIPAKAD menunjukkan jiwa solidaritas dan semangat yang tinggi.

Ia yakin jika semangat itu bisa ditanamkan sejak dini kepada generasi muda, maka ketika hendak tumbuh dewasa hingga usia tua, tombak semangat tersebut tetap tertancap tajam di setiap insan.

"Harus ditanamkan sejak dini, sehingga mereka punya kemampuan menangkal tantangan hidup. Ya biar mandiri. Ingat, kita adalah satu kesatuan," tegasnya.

Sementara, Wawali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mendukung program-program pendalaman wawasan kebangsaan kepada peserta.

Kegiatan bernilai positif, kata Bung Edi, sapaan akrabnya, sangat penting dilakukan dalam kegiatan-kegiatan sosial maupun akademik.

"Pelatihan penguatan mental itu sangat penting. Bagaimana menumbuhkan cinta tanah air dan nasionalisme. Masalah kebangsaan ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Ayo edukasi yang lainnya juga," bebernya.

Bung Edi lanjut menyatakan bahwa dalam Operasi Yustisi penegakan hukum kepada pelanggar protokol kesehatan Covid-19, ia menemukan masyarakat yang masih saja tidak hafal Pancasila dan lagu Indonesia Raya.

Saat diberi hukuman sanksi sosial, warga tersebut dikatakan Bung Edi tidak hafal. Padahal, Pancasila sebagai ideologi harusnya sudah ada di luar kepala secara teks. Secara batin sudah tertanam di setiap hati masyarakat.

Dari situlah Bung Edi justru menilai pendalaman wawasan kebangsaan tidak hanya menjadi kegiatan ceremonial tapi juga dibuktikan dengan tindakan nyata di lapangan.

"Dirgahayu HIPAKAD," tuturnya.

Sebagai informasi, HUT ke-3 HIPAKAD ini menunjuk Malang sebagai tuan rumah pelaksanaan. DPC HIPAKAD Malang Raya bersama panitia pelaksana mengupayakan menyiapkan acara pertemuan ini dengan matang. Ratusan bendera besar dan kecil serta baliho umbul-umbul HIPAKAD berkibar mengiringi kedatangan tamu undangan mulai jalan raya hingga lokasi pelaksanaan acara di puncak Kebun Teh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES