Peristiwa Nasional

Dokter dan Tenaga Kesehatan akan Mendapatkan Tes Swab PCR Gratis

Sabtu, 19 September 2020 - 15:10 | 37.95k
Dokter yang menangani Covid-19. (FOTO: dok TIMES Indonesia)
Dokter yang menangani Covid-19. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih mengatakan, para dokter dan tenaga kesehatan akan mendapatkan tes swab PCR gratis. Tes ini akan dimulai Senin (22/9/2020) pekan depan.

"Kalau tidak keliru Senin, Satgas mendorong pemeriksaan gratis bagi petugas kesehatan untuk secara rutin diperiksa PCR untuk memberikan perlindungan kepada petugas kesehatan," katanya, Sabtu (19/9/2020).

Program itu bakal diluncurkan bersama sejumlah organisasi profesi kesehatan lainnya, seperti Persatuan Perawat Nasional Indonesia, dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia.

"Dengan arahan, dengan bimbingan, dengan dukungan dari Satgas untuk secara masif nanti akan melakukan pemeriksaan PCR swab gratis ke seluruh petugas kesehatan, mungkin mulai dari Jabodetabek mudah-mudahan akan menyebar ke seluruh daerah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, dengan adanya tes gratis tersebut, pihaknya  mengimbau seluruh dokter dan tenaga kesehatan dapat menjalani tes swab tersebut.

"Kita minta seluruh dokter yang berada pada posisi terdepan dalam menangani (di) rumah sakit itu harus secara rutin melakukan pemeriksaan swab PCR," ujarnya soal para dokter dan tenaga kesehatan akan mendapatkan tes swab PCR gratis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES