Kuliner

Walah, CNN Sebut Kue Pandan sebagai Kue Nasional Singapura

Sabtu, 19 September 2020 - 15:23 | 82.05k
Kue pandan yang populer di Indonesia justru diakui sebagai kue nasional Singapura oleh CNN (Foto: TheStraitsTimes)
Kue pandan yang populer di Indonesia justru diakui sebagai kue nasional Singapura oleh CNN (Foto: TheStraitsTimes)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu kuliner Indonesia kembali menjadi 'milik' negara lain. Itu setelah kue pandan disebut sebagai Kue Nasional Singapura oleh situs travel milik CNN.

Dalam artikelnya pada 2 April silam, media Amerika Serikat itu memasukkan kue pandan sebagai satu dari 17 kue terbaik dunia.

Dan yang mengejutkan, kue pandan disebut sebagai kue nasional Singapura, pengakuan yang juga diberikan bersama untuk Malaysia.

Di situs tersebut, Kue Pandan dideskripsikan 'pada dasarnya adalah kue sifon (chiffon cake) yang diisi dengan cairan warna hijau dari daun pandan.

"Warna memancar bak radioaktif dari kue ini menyamarkan rasanya yang alami.  Saat bergabung dengan kue sifon yang halus namun basah, rasanya sulit diungkapkan," tulis artikel tersebut.

Tak hanya kue pandannya, dua pembuat roti lokal Singapura yakni Pine Garden dan Bengawan Solo juga diapresiasi. Bahkan kue pandan versi Pine Garden dipuji sebagai salah satu yang terbaik.

Sementara Indonesia sendiri, dalam artikel itu diwakili oleh lapis legit sebagai kue nasionalnya. Dari Jepang, dorayaki disebut sebagai kue nasional sedangkan 'mai lai go' dianggap sebagai kue nasional Hong Kong.

Dalam daftar CNN itu, kue pandan dan lapis legit bersanding dengan kuliner legendaris lain seperti baklava dari Turki, victoria sponge dari Britania Raya, tiramisu dari Italia, pavlova dari Selandia Baru dan cheesecake dari AS. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES