Peristiwa Daerah

World Clean Up Day, Warga Sidomulyo Tuban Lakukan Aksi Pungut Sampah

Sabtu, 19 September 2020 - 14:22 | 40.80k
Aksi pungut sampah yang dilakukan  dalam rangka World Clean Up Day, Sabtu, (19/09/2020). (Foto: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)
Aksi pungut sampah yang dilakukan dalam rangka World Clean Up Day, Sabtu, (19/09/2020). (Foto: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Warga Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban menggelar Aksi Pungut Sampah Serentak di aliran sungai dan sekitar di wilayah setempat, sekaligus memperingati World Clean Up Day, Sabtu, (19/9/2020).

Kegiatan yang diinisiasi karang taruna kelurahan itu, turut diikuti oleh jajaran Forkopimcam Tuban serta beberapa komunitas yang aktif dalam kegiatan sosial dan lingkungan.

Lurah Sidomulyo, Achzar Pradiska Setia saat dikonfirmasi mengatakan, ada dua titik yang selama ini paling bermasalah terkait sampah, yaitu wilayah sungai dan pantai, terutama bantaran Kali Joyo dan Dingklik serta kawasan Jembatan Mangunjoyo.

Aksi pungut sampah b

Kegiatan peduki lingkungan itu merupakan langkah awal untuk menyelesaikan permasalahan sampah, karena tidak mungkin membersihkan sampah yang menumpuk seperti gunung dalam satu atau dua hari.

"Aksi Pungut Sampah Serentak yang dilakukan bersama sama ini adalah upaya kita untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar lebih peduli dengan kebersihan lingkungan. Harapannya nanti tidak ada lagi sampah yang berserakan atay bahkan sampai menggunung," paparnya.

Sementara itu Camat Tuban, Moh. Dani Ramdani juga menambahkan, bahwa permasalahan sampah bukanlah perkara sepele, yang dapat dengan mudah ditangani dalam hitungan hari.

"Permasalahan sampah sangat bergantung pada kebiasaan serta kesadaran masyarakat, karena itu yang paling perlu dibangun adalah kebiasaan masyarakat itu sendiri agar menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan," beber Dani sapaan akrabnya.

Guna mendukung kepedulian terkait sampah, pihak kecamatan juga akan kembali mengusulkan bantuan dari pemerintah, baik dalam bentuk alat berat maupun fasilitasi Tempat Pembuangan Sementara bagi warga Kelurahan Sidomulyo.

"Harapannya aksi pungut sampah dalam rangka World Clean Up Day ini ke depan bisa jadi agenda rutin. Selain itu juga masyarakat Sidomulyo (Kabupaten Tuban) dan sekitar semakin peduli pada kebersihan lingkungan," jelas Dani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES