Entertainment

Bertingkah Edan, Yudi Prata Rilis Single Dangdut Jawa Anti-mainstream 'Sak Celupan'

Sabtu, 19 September 2020 - 10:38 | 152.03k
Yudi Prata dalam video klip Sak Celupan. (Foto: Dok. Yudi Prata for TIMES Indonesia)
Yudi Prata dalam video klip Sak Celupan. (Foto: Dok. Yudi Prata for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Soloist asal Kota Malang, Jawa Timur, Yudi Prata meluncurkan single bertajuk 'Sak Celupan'. Uniknya, video klip bergenre dangdut Jawa ini dipenuhi dengan tingkah yang tidak biasa. Bisa disebut edan (gila dalam makna positif).

Yudi mampu menerobos pola pikir yang tak biasa. Bersama Aira, ia membawakan lagu ini dengan energik dan penuh aksi lelucon. "Sak Celupan ini luar biasa respon masyarakat. Belum nyampek sebulan viewer dan subscribenya meningkat pesat," kata Yudi kepada TIMES Indonesia, Jumat (18/9/2020).

Lagu ini adalah kelima yang dibawakan Yudi. Namun, dari lagu-lagu sebelumnya tidak ada yang sepesat Sak Celupan. "Ya pas rezekinya juga mungkin. Konsepnya anti-mainstream sih. Aku butuh sesuatu yang gebrak dan nyelonong sendirian," tegasnya.

Yudi Prata dalam video klip Sak Celupan a

Menurutnya, makna Sak Celupan ini tidak mengandung unsur saru. Dirinya ingin menghidangkan sajian karya yang anti-mainstream. Maksudnya, Sak Celupan yang biasanya diartikan sedikit porno, namun di lirik lagu ini ingin menunjukkan bahwa ada arti yang diplesetkan.

"Arti Sak Celupan ya istilah aja yang kami plesetin. Misalnya, aku pengen kopi mbok sak celupan gak papa gawekno (buatkan)," bebernya.

Langkah yang diambil Yudi ini termasuk berani. Bagi banyak orang, image Yudi Prata terlanjur tergambar sebagai bintang pop yang cenderung 'serius'. Faktanya, ia mengawali karir bermusiknya dengan single-single pop bertemakan cinta seperti 'Sepanjang Tua', 'Biarkan Misteri' dan 'Seandainya Kau Mengerti'.

Yudi Prata dalam video klip Sak Celupan b

Adegan demi adegan video yang disutradarai Widi Sunarto dari Be Image Cinema ini mengundang gelak tawa pemirsa yang menontonnya.

"Akeh nemen kanca-kancaku sing gak percoyo aku iso ngono. Sampek WA-WA barang, 'Gendeng a koen?' (Banyak sekali teman-temanku yang tidak percaya aku kayak begitu. Sampai WA-WA juga, 'Gila ya kamu?')," tambah Yudi menanggapi fenomena 'Sak Celupan' yang kini telah ditonton ribuan kali sejak pertama dirilis, dua pekan lalu.

Lagu 'Sak Celupan' ini diciptakan oleh Imam. Kolaborator karib Yudi Prata ini mengaku terinspirasi dari idiom yang dikenal masyarakat luas, utamanya di daerah Jawa Timur.

Lewat berbagai diskusi yang menghasilkan imajinasi lirik dan musik antara mereka berdua, maka berkembanglah ide awal tersebut menjadi sebuah karya unik ini.

Modal musik dan lirik tersebut lalu mendapat sentuhan aransemen dari Margo Sastra. Ia adalah seorang arranger musik yang sudah 30 tahun berkecimpung di industri musik Indonesia. Diskografinya terbentang dari Joshua, Trio Kwek Kwek, hingga Inul Daratista.

"Waktu mendengar lagu dan lirik dari Yudi, aku langsung kepikiran masukkin unsur kendang. Biar semua bisa goyang," tutur Margo menanggapi aransemennya dalam lagu ini.

Pada akhirnya, lagu 'Sak Celupan' dibawakan Yudi dengan mengajak Aira. Aira sendiri adalah solois wanita pendatang baru yang single pertamanya 'Ada Yang Berbeda' sempat meledak.

Itu jadi alasan Yudi Prata mengajak bergabung dalam project ini. Aira yang mahir di lagu pop, khususnya yang bertema cinta dan mellow, mengaku merasa tertantang membawakan lagu dangdut Jawa yang dibawa oleh Yudi dan kawan-kawan.

Namun dengan beberapa sesi pertemuan, diskusi, dan rancang rencana antara mereka berdua, tak butuh waktu lama bagi Aira untuk membangun chemistry & membawakan lagu ini sebagai partner Yudi.

Dari sisi visual, Yudi Prata mengajak bergabung teman lamanya, Widi Sunarto atau lebih dikenal Mas Bom. Dia adalah owner dari Be Image Cinema, sebuah perusahaan professional yang bergerak di bidang photo dan video. Beberapa video klip artis Indonesia dan video iklan nasional sudah berhasil dia kerjakan.

"Selalu menyenangkan bekerja sama dengan Mas Bom. Semua jadi mudah dan cepat. Hingga, percoyo po gak (percaya atau tidak), susunan konsep video klip 'Sak Celupan' berhasil disusun hanya dalam hitungan hari, mulai dari storyboard, property, sampai survey lokasi," kata Yudi.

Pertemanan jugalah yang membawa Yudi Prata melibatkan Udin untuk melengkapi project video klip ini. Udin adalah pendiri dari channel Youtube sitkom CesDor TV yang 2020 ini sedang ramai dibicarakan di Malang Raya terutama di Kota Batu.

Empat anggota CesDor terdiri dari Udin, Sugik, Komeng, Tungklik menjadi teman sekaligus penari latar Yudi Prata dan sukses membuat perut kaku, dengan peran dan ekspresi mereka dalam videoklip 'Sak Celupan'.

Video Sak Celupan bisa anda tonton langsung di link https://www.youtube.com/watch?v=oiJsC4jMjHI.

Untuk menemani Anda berdendan, berikut lirik lengkap Lagu Sak Celupan:

SAK CELUPAN – YUDI PRATA FT. AIRA

Ning endi ati ra ngresulo

Nyawang bojone wes sakmene ra dewoso

Budhal wengi ora mbok pamiti

Mulihe isuk sak pasukan mbok angkuti

Bridge:

Arep nyapo?

Arep golek

Golek opo?

Golek kopi

Kopi entek

Lha kok entek?

Opo tau mbok duwiti

Mbok pikirmu tuku kopi nggawe kreweng

Reff:

Sak celupan dik

Roso kademen nganti balungan

Mbayangne kopi susu wis mapan

Awak kari njegur ning anget-angetan

Sak celupan dik

Roso kademen nganti balungan

Mbayangne kopi susu wis mapan

Awak kari njegur ning anget-angetan

Sak celupan dik

Dadi o bojo sing mbangga’ke

Budhal makaryo tanggung jawab sak tenane

Ojo wengi melek awan turu

Olehmu opo ngguya ngguyu koyok tengu

Bridge

Reff 2x

Yudi Prata berharap, lagu 'Sak Celupan' dalam waktu dekat langsung go nasional. "Target aku dalam waktu dekat ini gak muluk-muluk. Akhir November harus viral nasional lah. Karena potensinya luar biasa saya juga bisa bawa nama Kota Malang di kancah nasional," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES