Peristiwa Daerah

Kehadiran Angklung Elektrik Mewarnai Gedung DPRD Kota Cirebon

Sabtu, 19 September 2020 - 10:18 | 93.09k
Wakil Ketua DPRD dan anggota Komisi   I DPRD Kota Cirebon ( Foto : ayu lestari/ Times Indonesia)
Wakil Ketua DPRD dan anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon ( Foto : ayu lestari/ Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Pojok UMKM di DPRD Kota Cirebon diberhentikan sementara hingga akhir September mendatang. Dan sebagai alternatif mengisi ruang kosong di gedung tersebut tak kalah menarik dengan kehadiran angklung elektrik, buatan muda-mudi kreatif di Kota Cirebon.

Angklung elektrik ini adalah inisiatif dari Wakil Ketua Dewan DPRD Fitria Pamungkaswati. Ia ingin ada alat tradisional di DPRD, guna memperkenalkan lagu-lagu khas Cirebonan.

Angklung Elektrik ini asli buatan tangan kreatif dari generasi 4.0. Cara memainkan alat musik ini dikomandoi oleh perangkat elektronik yang disambungkan pada angklung yang sudah didesain sedemikian rupa.

ANgklung ELektrik a

"Tamu-tamu yang datang mengunjungi kantor DPRD akan merasakan musik khas kota Cirebon, sehingga tamu ini merasa bahwa benar-benar ada di Cirebon, sama seperti kita di Jogja, kita ketika berada di Bali, selalu terdengar lantunan lagu tradisional dari kota masing," kata Fitria, Sabtu (19/9/2020).

Fitria menjelaskan, dipilihnya angklung yang akan menyambut tamu-tamu dari luar daerah saat berkunjung ke DPRD Kota Cirebon karena ciri khas suara yang dimiliki oleh angklung berbahan dasar bambu.

"Angklung elektrik ini, dibuat oleh anak-anak kreatif di Kota Cirebon, akan setiap hari dimainkan dengan musik-musik tradisional," ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon Harry Saputra Ghani menyambut baik adanya angklung elektrik. Menurut dia, angklung elektrik akan membuka peluang usaha bagi muda mudi kreatif di Kota Cirebon. Menurutnya, hal ini sudah sangat inovatif dan sudah sangat layak bisa menjadi peluang bisnis bagi mereka.

"Mungkin perlu diperbaiki pada bagian yang kosong ini diberikan ornamen Mega mendung, tapi dengan kemudahan teknologi ini, saya harap muda-mudi yang lain tetap belajar menggunakan angklung secara manual. Saya harap seperti itu" kata anggota DPRD Kota Cirebon ini mengapresiasi kehadiran angklung elektrik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES