Olahraga

Menpora RI Usulkan Piala Dunia U-20 2021 Dibuka di Stadion GBT Surabaya

Jumat, 18 September 2020 - 19:38 | 36.82k
Rombongan Menpora saat berkunjung ke Gelora Bung Tomo, Jumat (18/9/2020). (Foto: Humas Pemkot Surabaya)
Rombongan Menpora saat berkunjung ke Gelora Bung Tomo, Jumat (18/9/2020). (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora RI), Zainudin Amali pada Jumat (18/9/2020) mengunjungi Stadion Gelora Bung Tomo (Stadion GBT Surabaya). Kunjungannya itu dalam rangka menjelang penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Sebelum rombongan Menpora itu sampai di GBT, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini telah lebih dulu berada di GBT.

Setelah rombongan datang, Wali Kota Risma kemudian mengajak rombongan untuk berkeliling area GBT. Mulai dari stadion utama, ruang ganti pemain, ruang media, ruang official, ruang mesis, tempat parkir hingga akses pembangunan jalan baru yang terhubung jalan tol.

Rombongan Menpora b

Dalam kesempatan itu, Menpora mengatakan, begitu melihat perkembangan renovasi GBT, ia berdiskusi dengan Wakil Ketua PSSI Iwan Budianto bahwa daerah yang paling siap adalah Surabaya. "Intinya Surabaya yang paling siap. Nah, tentu kita akan terus ikuti perkembangannya," kata Zainudin Amali seusai peninjauan.

Selain itu, ia mengapresiasi Wali Kota Risma yang turun langsung memantau persiapan ini. Bahkan, ia meminta daerah-daerah lain yang juga menjadi tuan rumah, seharusnya dapat mencontoh apa yang sudah dilakukan Wali Kota Risma dalam mempersiapkan Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

"Ibu Risma luar biasa sekali. Beliau terus-terusan berada di sini. Jadi ini yang kita harapkan oleh pemerintah daerah yang ketempatan. Mestinya begini mencontoh apa yang dilakukan Ibu Risma," papar dia.

Sembari melihat perkembangan ke depan, Menpora akan mengusulkan kepada Federation of International Football Association (FIFA) agar Surabaya menjadi salah salah satu calon lokasi acara pembukaan. Ia juga menegaskan bahwa sampai dengan hari ini, belum dipastikan dimana opening ceremony itu akan berlangsung.

"Kita lihat perkembangannya. Kalau memang bagus, akhirnya kita akan usulkan ke FIFA salah satu calon acara pembukaannya di sini," tegas dia.

Sementara itu, Wali Kota Risma menjelaskan, jika nantinya Surabaya menjadi tempat pembukaan acara, ia juga sudah mempersiapkan komplit mulai dari welcome dinner hingga atraksi kesenian yang akan dipertontonkan.

Rombongan Menpora c

Pasalnya, saat bidding beberapa waktu lalu hal tersebut juga sudah dipaparkan oleh Wali Kota Risma."Jadi Insya Allah siap Surabaya kalau misalkan nanti dibuat untuk openingnya. Untuk stadion targetnya akan selesai akhir tahun yakni pada Desember mendatang," kata dia.

Presiden UCLG ASPAC ini pun menegaskan, dari kunjungan Menpora RI tidak ada masukan atau usulan yang artinya sudah terkendali. Hanya saja, ia mengaku akan terus mengebut hingga tahap finishing usai. "Saat ini yang dikebut salah satunya pengerjaan akses jalan. Mudah-mudahan awal tahun kelar," pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES