Entertainment Bencana Nasional Covid-19

Tips Sembuh Covid-19 Ala Novel Baswedan

Jumat, 18 September 2020 - 19:36 | 91.07k
Novel Baswedan. (FOTO: Tribunnews)
Novel Baswedan. (FOTO: Tribunnews)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 pada 28 Agustus 2020 lalu, Novel Baswedan bersama istri dan keempat anaknya akhirnya dinyatakan sembuh. Seperti apa tips sembuh Covid-19 yang dilakukan dia dan keluarganya?

Penyidik senior KPKRI  ini mengaku tak merasakan gejala apapun selain batuk berlendir tanpa adanya sesak nafas sebelumnya yang membuatnya berstatus pasien tanpa gejala.

Setelah menjalani isolasi mandiri selama 11 hari di rumah, Novel dan keluarga berhasil melewati fase kritis tersebut dan bebas dari penyakit global yang sudah merenggut jutaan nyawa itu.

Dari akun twitter pribadi Novel Baswedan bernama @nazaqistsha, yang dikutip oleh TIMES Indonesia, Jumat (18/9/2020), ia telah menyatakan kesembuhannya. Banyak netizen Twitter penasaran dengan aktivitas dan upaya yang dilakukan selama 11 hari isolasi mandiri tersebut.

Ini tips yang dibagikan oleh Novel Baswedan melalui akun twitternya tersebut:

1.) Menjaga Kondisi Psikologis

Selain berdampak pada kesehatan fisik, Covid-19 ini juga berdampak pada kesehatan psikis. Pasien positif ataupun orang yang masih sehat bisa terganggu kesehatan psikisnya karena akan merasa cemas dan takut berlebihan dengan Covid-19 dan segala hal yang disebabkannya.

Maka dari itu, Novel Baswedan mengatakan menjaga kondisi psikis dirinya dan keluarga agar tetap baik dan tenang sangat penting. Karena khawatir, takut, marah dan sedih justru akan membuat imun tubuh tidak bekerja dengan efektif.

2.) Banyak Istirahat

Saat sakit, hal yang paling penting yang harus dilakukan adalah mengistirahatkan tubuh secara optimal. Tubuh akan cenderung merasa lemas dan muncul rasa mudah mengantuk saat sakit, hingga yang dibutuhkan adalah istirahat dan tidur.

"Banyak istirahat, agar energi kita optimal digunakan untuk imun tubuh bekerja. Itu yang saya pahami dari beberapa dokter," tulis Novel.

3.) Konsumsi Ramuan Herbal dan Probiotik

Indonesia sangat terkenal akan kekayaan alamnya, termasuk banyaknya tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Banyak tanaman obat yang kemudian diolah menjadi ramuan herbal, obat tradisional atau jamu tradisional.

Ramuan herbal dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh dari serangan penyakit, maka dari itu banyak sekali orang-orang yang memburunya saat pandemi seperti sekarang ini.

Seperti yang dilakukan Novel Baswedan untuk melawan virus Corona dalam tubuhnya, ia membuat ramuan herbal berisi parutan kunyit dan kencur yang diseduh dengan air hangat kemudian dicampur madu.

Zat aktif kurkumin dalam kunyit yang membawa efek antiradang serta khasiat kencur yang dapat menyembuhkan batuk juga menghilangkan stres agaknya membantu proses perlawanan tubuh terhadap virus.

Novel juga meminum air rebusan jahe yang diberi setetes minyak kayu putih dan mengonsumsi suplemen sesuai anjuran dokter seperti vitamin C, D, E dan Zinc.

Novel Baswedan berharap tips sembuh Covid-19 yang ia bagikan di Twitter-nya itu bisa bermanfaat. Ia juga mendoakan orang-orang yang saat ini masih sakit segera diberikan kesembuhan dan pandemi Covid-19 ini lekas berakhir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES