Ekonomi

Gandeng Perum DAMRI, Pemkab Bantul Buka Trayek Terminal Palbapang-Bandara YIA

Kamis, 17 September 2020 - 17:51 | 77.38k
Pecah kendi oleh Bupati Bantul Suharsono menandai launching layanan bus menuju Bandara YIA. (FOTO: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Pecah kendi oleh Bupati Bantul Suharsono menandai launching layanan bus menuju Bandara YIA. (FOTO: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTUL – Berkerjasama dengan Perum DAMRI, Pemkab Bantulmembuka layanan angkutan bus dengan trayek Terminal Palbapang-Bandara YIA (Yogyakarta Internasional Airport).

Lauching layanan ini secara resmi dilakukan Bupati Bantul Suharsono Kamis (17/9/2020) di Terminal Palbapang. 

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Perum DAMRI Sandry Pasambuna memastikan layanan ini sebagi bentuk komitmen sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMD) untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

Jalur Terminal Palbapang- Bandara YIA ini nantinya akan membangkitkan ekonomi kawasan pariwisata di Bantul. Mengingat belum terdapatnya layanan angkutan yang langsung menghubungkan Bandara YIA dengan obyek wisata di Bantul. 

"Dibukanya jalur ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga Bantul," jelas Sandry. 

General Manager Perum DAMRI cabang Yogyakarta Rahmat Santoso mengaku setelah terdapat proposal pengajuan dari Dinas Pariwisata Bantul. Pada tahun 2021 akan dibuka layanan angkutan ke beberapa obyek wisata di Bantul. 

Saat ini terdapat 5 armada yang melayani trayek ini. 4 diantaranya beroperasi dan 1 sebagai cadangan. Setiap hari melayani 10 rute pulang pergi Terminal Palbapang - Bandara YIA. 

Untuk keberangkatan dari Terminal Palbapang mulai pukul 05.30 - 14.00 WIB. Sedangkan dari Bandara YIA mulai pukul 07.00 - 16.00 WIB. Untuk sekali perjalanan dengan durasi sekitar 1 jam. Penumpang cukup membayar Rp 6.500.

"Padahal untuk tarif normal mencapai tiga puluh lima ribu rupiah," jelas Rahmat.

Armada sudah beroperasi sejak Juli 2020 lalu. Dengan jumlah penumpang mencapai 120 pada akhir pekan dengan mematuhi protokol kesehatan dari kapasitas 46 penumpang. Maksimal hanya diisi setengahnya. 

Bupati Bantul Suharsono mengucapkan terima kasih atas dukungan Perum DAMRI dalam membuka trayek Terminal Palbapang-Bandara YIA. Sinergi dengan Pemkab Bantul ini diharapkan terus berlangsung dalam membuka layanan angkutan menuju obyek wisata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES