Peristiwa Daerah

Ini yang Dilakukan PT Wings Group Kurangi Sampah Plastik di Sungai

Kamis, 17 September 2020 - 13:33 | 282.97k
PT Wings Group saat melakukan bersih sungai di Kali Tengah, Driyorejo, Gresik, Kamis (17/9/202020). (Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
PT Wings Group saat melakukan bersih sungai di Kali Tengah, Driyorejo, Gresik, Kamis (17/9/202020). (Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang industri makanan, minuman, perawatan rumah dan perawatan tubuh, tentu PT Wings Group menjadi perusahaan penghasil plastik.  Meski demikian PT Wings Group telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi pencemaran sampah plastik.

Pagi tadi, Kamis (17/9/2020) PT Wings Group bersama Dinas Lingkungan Hidup Jatim, Jasa Tirta 2, Balai Besar Wilayah Sungai  dan TNI AL  bersama-sama menunjukkan bentuk tanggung jawab sosial mengenai permasalahan lingkungan utamanya sampah plastik di sungai. Kegiatan yang diberi nama “Gerakan Adopsi Sungai Brantas” dan diinisiasi oleh PT Wing yakni dengan mengadakan bersih-bersih sungai di Kali Tengah, Driyorejo, Gresik.

Wings-Sungai-2.jpg

Manager Marketing Support Wings Surya, Lilik Sianto mengatakan bahwa konsen PT Wings Group sendiri saat ini adalah mengenai permasalahan lingkungan hidup. Kegiatan bersih sungai tersebut merupakan kegiatan pertama yang dilakukan di Wilayah Surabaya.

"Kita bicara sungai, sekarang isunya banyak mengenai mikroplastik. Kita tidak bicara tentang ini saja, kita juga mengerjakan selain  kegiatan ini adalah penyuluhan ke masing-masing orang di bantaran sungai," ujar Lilik

Penyuluhan tersebut yakni mengenai edukasi kepada masyarakat bantaran sungai agar tidak membuang sampah di sungai. Pihaknya juga akan menyumbangkan tempat samapah berukuran besar untuk masyarakat dibantaran sungai.

Dikesempatan yang sama Plt Dinas Lingkungan Hidup Jawa Timur, Sinarto mengatakan bahwa pembersihan sungai yang dilakukan oleh PT Wings Group adalah salah satu bentuk Ikhtiar baik Perusahaan telah memahami persoalan sosial yang ada dilungkungan.

"Semoga nanti perusahaan yang lain juga punya  kegiatan serupa sehingga lingungan di Jawa Timur bisa terjaga dengan baik," tuturnya.

Wings-Sungai-3.jpg

Sementara itu, Kepala Jasa Tirta 1 Divisi Asa 2 Surabaya, Arief Budianto mengapresiasi apa yang telah dilakukan PT Wings Grub dalam mengatasi permasalan sampah plastik disungai. Mengingat sungai sangat dibutuhkan oleh masyarakat, akan tetapi kondisi air di wilayah tersebut dipenuhi dengan sampah.

"Saya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pada pagi hari ini yang diinisiasi oleh PT Wings bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Jawa Timur," ungkap Arief.

"Kegiatan pada pagi hari ini diharapkan bisa menjadi contoh untuk di wilayah sungai yang lain sehingga harapannya kegiatan bersih-bersih ini paling tidak bisa mengurangi sampah sampah," tambahnya

Sungai Muara Kali Tengah yang berlokasi di desa Bambe, Driyorejo, Gresik itu dipilih oleh PT Wings Group lantaran berdasarkan survei dan kajian bersama Dinas Lingkungan Hidup Jatim, Perum Jasa Tirta, Balai Besar Wilayah Sungai dan pejabat sekitar. Sungai yang akan mengaliri kali Brantas Surabaya itu kerap kaki menjadi akibat permasalahan banjir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES