Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sesuai Anjuran Islam Dimasa Pandemi Covid-19

Kamis, 17 September 2020 - 08:51 | 90.61k
Umiati Ru’yah, Penerima Beasiswa Muamalat Universitas Islam Malang (UNISMA).
Umiati Ru’yah, Penerima Beasiswa Muamalat Universitas Islam Malang (UNISMA).
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Islam adalah agama yang menjunjung tinggi tentang kehidupan yang bersih. Segala sesuatu yang kita kerjakan terutama saat beribadah haruslah bersih dan suci dari hadast. Hal ini karena kebersihan merupakan hal yang wajib kita sadari sebagai manusia yang hidup di bumi. Apa jadinya bila kita tidak punya kesadaran tentang kebersihan diri sendiri? Tentu dampak yang ditimbulkan akan merugikan kita sendiri maupun orang lain.

Tidak ada satu hal di dalam kehidupan kita yang tidak diajarkan dalam Agama Islam . Semua kandungan ajaran dalam Islam bertujuan memberikan arahan dan petunjuknya, serta menjadikan umatnya hidup bahagia dan sejahtera di dunia dan di akhirat. Anjuran untuk menjaga kebersihan telah disebutkan dalam hadits : 

النظافةالإيمان

Yang artinya : kebersihan itu adalah sebagin dari iman

Menjaga kebersihan diri dapat menghindarkan kita dari berbagai bakteri penyebab penyakit dan virus berbahaya. Seperti masa pandemi saat ini, semua orang dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan rajin mencucui tangan. Sebenarnya hal ini sudah dianjurkan oleh Islam untuk terus menjaga wudhu bagi setiap umat muslim dengan cara sesering mungkin melakukan wudhu sebelum beraktivitas.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Wudhu menggunakan air mengalir dan membasahi bagian anggota tubuh seperti mulut, hidung dan mata atau sering kita sebut membasuh wajah. Kemudian membasuh kedua tangan, mengusap rambut, telinga dan kedua kaki. Hal ini pastilah mempunyai tujuan untuk menjaga diri dari najis dan kotoran, dengan sering berwudhu Insyaallah kita semua terhindar dari bakteri dan virus berbahaya.

Dimasa pandemic Covid-19 saat ini sangat dianjurkan untuk selalu menjaga jarak saat berada di tempat umum. Menjaga jarak dilakukan untuk mencegah penyebaran virus. Hal ini pun sudah ada dalam ajaran Islam bahwa kita sudah seharusnya untuk tidak bersentuhan dengan orang lain yang bukan mahrom, menjaga jarak dan tidak keluar rumah selain ada kepentingan yang mendesak. Umat muslim khusunya perempuan sejak zaman Nabi dulu sudah dianjurkan untuk tidak sering keluar rumah, artinya para kaum wanita muslimah hendaknya selalu menjaga diri di dalam rumah agar terhindar dari fitnah.

Menjaga aurat atau dalam bahasa medis diartikan untuk selalu mengenakan pakaian tertutup dan aman sudahlah menjadi anjuran Islam sejak dahulu kala, diperuntukan baik bagi kaum laki-laki maupun perempuan. Sejatinya pakaian yang kita kenakan harus menutupi tubuh secara sempurna untuk menghindari virus dan bakteri agar tidak menempel pada kulit kita.

Maka dari itu, dari fenomena pandemi ini marilah kita belajar bersama terutama kaum muslimin untuk lebih taat dan patuh terhadap ajaran Islam. Selalu rajin mencuci tangan, berkumur dan berwudhu. Menjaga jarak satu sama lain dan tidak keluar rumah selama tidak ada kepentingan yang mnedesak. Serta selalu mengenakan pakaian yang utuh dan menutup aurat. ***

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Umiati Ru’yah, Penerima Beasiswa Muamalat Universitas Islam Malang (UNISMA).

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES