Peristiwa Daerah

Fraksi Nasdem DPRD Jatim Gandeng Insan Pers Probolinggo Perangi Narkoba

Kamis, 17 September 2020 - 10:54 | 32.21k
Diskusi antara insan pers dengan fraksi nasdem DPRD Jatim. (FOTO: R. Soleh for TIMES Indonesia)
Diskusi antara insan pers dengan fraksi nasdem DPRD Jatim. (FOTO: R. Soleh for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pandemi covid19, tak serta merta mengurangi peredaran narkoba di Jawa Timur. Termasuk di Kawasan Probolinggo. menyikapi itu, Fraksi NasDem DPRD Jatim, mengajak serta insan pers di Probolinggo, untuk aktif perangi narkoba.

Fraksi NasDem berharap, media sebagai penerus informasi pada masyarakat, mampu mengurangi dan meminimalisir peredaran narkoba melalui pemberitaan mengenai bahaya narkoba. Fraksi NasDem menilai, langkah-langkah pencegahan dan antisipasi melalui informasi yang benar, sangat dibutuhkan, untuk mengedukasi masyarakat.

Hal tersebut, disampaikan anggota DPRD Provinsi Jatim Muzammil Syafi'I, saat menggelar diskusi panel bersama awak media di Probolinggo, Kamis (17/9/2020).. Pihaknya menyoroti, meski penegakkan hukum terhadap kasus narkoba selalu berjalan, nyatanya masih tetap meningkat di tengah pandemi covid-19.

“Pada tataran nasional, kasus narkoba itu sampai 3-4 juta jiwa. Sedangkan di Jatim, itu sebanyak 348 ribu, dan itu didominasi pemuda dan anak,” jelas Wakil Bupati Pasuruan periode 2003-2008 ini.

Muzammil menilai, penegakkan hukum juga jadi sebuah langkah dilematis. Kalau semua dimasukkan penjara juga akan terbatas, terlalu kendor juga makin meningkat kasusnya.

"Jadi yang paling utama adalah pencegahan. Peran media inilah, yang dirasa paling efektif untuk mencegah peredaran narkoba selama ini,” tambah Wakil Ketua Komisi A sekaligus Ketua Fraksi NasDem DPRD Provinsi Jatim ini.

Kedepan, pihaknya akan menjalin koordinasi dengan Provinsi Jatim, Forkopimda Jatim, termasuk BNN , Aktifis Gerakan Anti Narkoba dan organisasi profesi kewartawanan. Termasuk komitmen-komitmen bersama agar peran media dalam pencegahan narkoba bisa dilaksanakan di daerah-daerah Jatim. Seperti halnya di Kawasan Probolinggo raya.

Ketua DPD NasDem Kota Probolingo, Zulfikar Imawan, sejauh ini mendukung langkah konkrit DPRD Provinsi Jatim tersebut. Upaya pencegahan peredaran narkoba, menjadi prioritas utama demi menjaga generasi bangsa.

“Di tengah pandemi COVID-19 ini, peredaran narkoba masih menjadi ancaman termasuk di Kota Probolinggo. Sehingga melalui, ini diharapkan bisa benar-benar mencegah Kota Probolinggo dari pengaruh narkoba,” katanya.

Sebagai informasi, sejak akhir Agustus hingga 4 September 2020, Polres Probolinggo Kota menggelar Operasi Tangguh Narkoba Semeru. Hasilnya, 6 tersangka peredaran narkoba digulung. Dari tangan pelaku, berhasil mengamankan sabu seberat 22,19 gram. Sedangkan pil koplo berhasil disita sebanyak 528 butir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES