Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Wali Kota Oded Sebut Covid-19 di Kota Bandung Masih Terkendali

Rabu, 16 September 2020 - 20:47 | 17.07k
Wali Kota Bandung Oded M. Danial saat rapat Paripurna di Kantor DPRD Kota Bandung, Rabu (16/9/2020) petang. (Foto: Humas Pemkot Bandung for TIMES Indonesia)
Wali Kota Bandung Oded M. Danial saat rapat Paripurna di Kantor DPRD Kota Bandung, Rabu (16/9/2020) petang. (Foto: Humas Pemkot Bandung for TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BANDUNGWali Kota Oded kembali memastikan, Kota Bandung masih dapat mengendalikan Covid-19. Oleh karenanya, Kota Bandung hanya menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru yang diperketat.

Menurut Oded, Pemerintah Kota Bandung masif melakukan tes Covid-19. Langkah itu diambil untuk memetakan dan melacak penyebaran Covid-19.

"Sisi persentase kita masih terkendali. Jadi Covid-19 di Kota Bandung masih terkendali,” tandas Oded usai menghadiri rapat Paripurna di Kantor DPRD Kota Bandung, Rabu (16/9/20) petang. 

Sebagai catatan, hingga 11 September lalu Dinas Kesehatan Kota Bandung sudah melakukan sebanyak 22.928 swab test, atau 0,92% dari jumlah penduduk. Jumlah tersebut mendekati 1 persen sesuai dengan yang disyaratkan lembaga kesehatan dunia, WHO.

Kota Bandung dapat cepat melakukan pengujian karena telah memiliki Laboratorium Biosafety Level (BSL) 2 plus. Sehingga bisa mengetahui hasil secara cepat meski dampaknya bertambah temuan kasus. 

Selain itu, kata Oded, indikator lain yang memastikan Kota Bandung masih dapat mengendalikan Covid-19 yaitu soal keterisian rumah sakit.

“Selama ini setiap ada yang positif langsung diisolasi, ada mandiri juga di rumah sakit. Alhamdulilah ruang isolasi memadai,” ungkapnya. 

Pada rapat terbatas (ratas) yang dihadiri anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah akhir pekan lalu, Kota Bandung masih tersedia 322 tempat tidur yang kosong. Dari 460 tempat tidur di 27 RS rujukan Covid-19 di Kota Bandung, hanya terisi 138 tempat tidur atau sekitar 30 persennya.

Karena itu juga, Oded mengaku belum akan memberlakukan jam malam. “Saya diskusi bersama Forkopimda, belum sampai ke arah sana. Hasil ratas kemarin AKB diperketat,” ujar Wali Kota Oded M Danial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES