Indonesia Positif

Jurnal JSeD Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UWG Malang Naik Peringkat SINTA-2

Rabu, 16 September 2020 - 16:16 | 64.60k
Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS., EDITOR CHIEF. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS., EDITOR CHIEF. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Jurnal JSeD (Journal of Socioeconomics and Development) Program studi Agribisnis Fakultas Pertanian UWG Malang naik peringkat menjadi peringkat SINTA-2. Peringkat tersebut diumumkan secara resmi pada Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2020.

SK yang ditandatangani oleh Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia ini menyebutkan bahwa Jurnal Ilmiah berbahasa Inggris ini diakui peringkat SINTA-2 nya mulai terbitan Volume 3 Nomor 1 Tahun 2020.

Pada SK tersebut JSeD (Journal of Socioeconomics and Development) UWG Malang berada diurutan ke 41 pada peringkat 2 bersama 104 Jurnal Ilmiah lainnya. 

Jurnal Ilmiah ber E-ISSN 26156075 yang diterbitkan oleh Badan Penerbit Universitas Widyagama Malang ini mulai terbit Volume 1 Nomor 1 pada April Tahun 2018 ini, dibidani oleh Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS., (editor in chief). 

Mantan Rektor UWG dua periode ini menyebutkan bahwa setelah terbitnya Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2020, dengan melakukan pembenahan di beberapa sisi, maka pada Bulan Juni tahun yang sama, dilakukanlah re-akreditasi.

Hasilnya, Jurnal Ilmiah yang terbit kontinyu dua kali dalam setahun ini, Bulan April dan Bulan Oktober, berhasil naik peringkat.

“Patut disyukuri, beberapa sisi terus kami lakukan pembenahan diantaranya perbaikan pada proses review yang dijalankan secara online, proses editing, menjalankan proses author copyedit, perbaikan aspek manajemen dan ditampilkan dalam menu ojs, substansi naskah diperbaiki, edit naskah dengan grammarly, cek plagiasi turnitin, dan konsistensi tampilan jurnal.  Sosialisasi dan perluasan jejaring juga terus kami lakukan agar wadah publikasi hasil penelitian ini lebih dikenal oleh masyarakat, khususnya kalangan tenaga pendidik,” jelas Iwan.

Sementara itu Ketua Program Studi Agribisnis Dr. Evi Nurifah Julitasari, SP, MP menyambut gembira kabar ini. “Prestasi JSeD ini mudah-mudahan menjadi penyemangat kami untuk segera menerbitkan Jurnal Ilmiah berbasis Agribisnis yang berbahasa Indonesia, terutama untuk mewadahi hasil penelitian para mahasiswa, yang beberapa tahun terakhir ini menjadi kewajiban bagi mereka,” kata Evi.

Sebaagai iinformasi, JSeD menerima artikel-artikel dalam lingkup sosial ekonomi, ekonomi pembangunan, pembangunan sosial, agribisnis, pengembangan sumber daya manusia, pembangunan wilayah, geografi, perencanaan dan pembangunan, pengembangan kelembagaan dan pembangunan berkelanjutan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES