Peristiwa Daerah New Normal Life 2020

Kesadaran Masyarakat Rendah, Tim Buru Pelanggar Protokol Kesehatan

Rabu, 16 September 2020 - 22:07 | 43.01k
Apel Pasukan menandai launching Tim Pemburu Protokol Kesehatan di Balai Kota Among Tani, Rabu (16/9/2020) malam. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Apel Pasukan menandai launching Tim Pemburu Protokol Kesehatan di Balai Kota Among Tani, Rabu (16/9/2020) malam. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, BATUWali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi menyayangkan masih rendahnya penerapan protokol kesehatan di Kota Batu oleh masyarakat, karena itu akan dilakukan penegakan aturan dengan pemberian sanksi oleh aparat.

Karena itu jangan coba-coba melanggar protokol kesehatan saat ini, malam ini (16/9/2020) Forkompimda Kota Batu melaunching Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan di Balai Kota Batu.

Pemburu Protokol Kesehatan 2

Kendati launching dilaksanakan malam ini, namun sejak hari Senin (14/9/2020) penegakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan di Kota Batu sudah dilaksanakan.

Launching ini ditandai dengan penyematan rompi kepada perwakilan petugas dari BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, TNI dan POLRI oleh Forkompimda.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi, Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM, Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama, Kajari Batu, Supriyanto dan Pabung Kodim 0818 Batu- Malang, Mayor Arm Choirur Effendi.

"Ini adalah upaya kita bersama dalam  penanganan Covid-19. Hal ini juga untuk menindaklanjuti instruksi Presiden RI. TNI, Polri, Kejaksaan dan Pengadilan akan bersinergi untuk menegakkan aturan," ujar kapolres.

Sekitar 150 personil dilibatkan dalam Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan ini. Sanksi yang diberikan mulai sanksi sosial hingga denda melalui sidang tipiring di tempat.yang dilakukan Pengadilan Negeri.

Pemburu Protokol Kesehatan 3

"Tim pemburu ini adalah ujung tombak penegakan protokol kesehatan, nanti secara mobiling akan menindak tegas para pelanggar protokol kesehatan," kata kapolres.

Ia menegaskan bahwa penindakan yang dilakukan ini adalah untuk kepentingan masyarakat bukan untuk mempersulit masyarakat, malah sebaliknya tindakan ini dilakukan untuk melindungi masyarakat. Kapolres menegaskan bahwa penindakan akan dilakukan dengan cara-cara yang humanis, persuasif, dan edukatif bukan penindakan yang arogan.

Sementara itu Kajari Kota Batu menegaskan bahwa tugas yang dilakukan oleh Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan adalah tugas yang mulia.

“Penegakan protokol kesehatan ini adalah wujud nyata bahwa Pemkot Batu serius melindungi keselamatan rakyatnya,” ujar Supriyanto.

Kendati begitu, Kajari mengingatkan agar anggota Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan agar tidak hanya menindak pelanggar, namun memberikan tauladan.

“Jangan sampai penegak hukumnya malah melanggar hukum,” ujarnya.

Sementara itu wali kota mengatakan bahwa segala upaya sudah dilakukan oleh Forkompimda dalam mencegah penularan Covid-19. Mulai dari melaksanakan sosialisasi, memberikan himbauan melalui beragam cara, namun masyarakat masih sangat rendah menerapkan protokol kesehatan.

“Mungkin harus ada punishment agar melaksanakan protokol kesehatan. Kita memakai masker ini bukan untuk Presiden Jokowi tapi untuk melindungi masyarakat kita,” ujar Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sembari mengimbau agar masyarakat meningkatkan kesadarannya dalam melaksanakan protokol kesehatan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES