Peristiwa Daerah

Penemuan Fragmen Porselen di Bondowoso Diduga Peninggalan dari Masa Dinasti Yuan

Rabu, 16 September 2020 - 20:03 | 158.82k
Fragmen porselen berwarna hijau dan hitam yang ditemukan warga Desa Alas Sumur Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso. Pecahan keramik ini diidentifikasi sebagai peninggalan Dinasti Yuan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Fragmen porselen berwarna hijau dan hitam yang ditemukan warga Desa Alas Sumur Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso. Pecahan keramik ini diidentifikasi sebagai peninggalan Dinasti Yuan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Salah seorang warga Desa Alas Sumur Kecamatan Pujer Bondowoso, Abd Ghani, menemukan struktur bata kuno saat menggali sumur di dekat rumahnya. Bersamaan dengan itu, ia juga menemukan dua fragmen porselen/keramik.

Abd Ghani mengatakan, bahwa ia mencari mata air persis di samping rumahnya. Namun di kedalaman 5 meter, ia menemukan benda-benda kuno. Yakni berupa struktur bata, dua pecahan keramik, satu mangkok keramik utuh dan tulang.

"Bendanya ada di dalam lubang. Ada tempat sendiri. Kalau mangkok miring ada air dan kembangnya," katanya.

Begitu juga dengan pecahan kramik tadi. Juga menempel di dinding galian. "Pertama ditemukan mangkok, tulang, pecahan kermik baru struktur bata. Untuk tempat mangkoknya, lubang bulat," katanya.

Menurutnya, selain lubang tempat mangkok, di dalam galian itu juga ada lubang dan di sana ditemukan tulang. Lubang tersebut muat untuk orang dengan posisi merangkak. "Untuk tulang sendiri hancur," imbuhnya.

Sementara itu, Arkeolog BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, bahwa dua pencahan porselen itu masing-masing adalah kalsedon hijau dan satu lagi berwarna putih.

Kalau yang keramik putih, diidentifikasi dari masa Dinasti Yuan awal atau Dinasti Song akhir abad ke 12-13. Sementara kalau kalsedon yang warna hijau, diidentifikasi dari Dinasti Yuan abad ke 13-14. "Karena ringan produksi dari China, ciri khasnya begitu," imbuhnya.

Sementara untuk mangkok keramik yang masih utuh, tidak bisa identifikasi dan cenderung lebih modern. "Tidak ditemukan keramik seperti itu pada abad segitu. Tulang sendiri kemungkinan tulang binatang," jelasnya, saat melakukan kajian langsung, Rabu (16/9/2020).

Menurut Wikipedia, Dinasti Song adalah salah satu dinasti yang memerintah di Tiongkok antara tahun 960 sampai dengan tahun 1279. Setelah kejatuhannya, digantikan oleh Dinasti Yuan.

Sementara Dinasti Yuan atau Yuan Raya adalah satu dari dua dinasti asing di Tiongkok. Dinasti asing berarti dinasti yang bukan didirikan oleh orang Han, karena pada zaman dulu, Han adalah satu-satunya yang dianggap mewakili entitas China. Dinasti ini didirikan pada tahun 1271.

Akibat ada penemuan bata kuno, bersama dengan fragmen porselen dari masa Dinasti Yuan itu, galian sumur warga Desa Alas Sumur Bondowoso itu diberhentikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES