Ekonomi

Target Selesai Desember 2020, Pembangunan Underpass di Gresik Dikebut

Rabu, 16 September 2020 - 17:52 | 124.61k
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama Kepala Dinas PUTR Gunawan Setijadi saat sidak ke proyek underpass (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama Kepala Dinas PUTR Gunawan Setijadi saat sidak ke proyek underpass (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKPembangunan underpass yang berada di Jalan Wahidin Sudirohusodo Gresik, Jawa Timur dikebut. Bahkan, pembangunan ini ditarget selesai pada Desember 2020 mendatang.

Untuk memastikan pembangunan tepat waktu dan sesuai target, Rabu (16/9/2020) siang, Bupati Sambari Halim Radianto bersama Kepala Dinas PUTR Gunawan Setijadi serta Kabag Humas Reza Pahlevi melakukan sidak ke proyek tersebut.

Orang nomer satu di Gresik ini melihat langsung pekerjaan pengeboran bukit tersebut. Tak hanya melihat langsung proses pengeboran bukit, Bupati juga banyak bertanya tentang hal-hal teknis mulai dari lebar trotoar, lebar jalan, bahkan ketebalan dinding juga banyak mendapat revisi.

Bahkan Sambari menanyakan tentang bahan yang akan digunakan dalam pekerjaan proyek tersebut mulai dari batu, ukuran besi bahkan kondisi eksisting bangunan setelah selesai nanti.

“Berapa ukuran besi ini? batu apa yang akan dipakai untuk membangun dinding terowongan ini?,” tanya Bupati kepada pekerja proyek.

Bupati mewanti-wanti agar pekerjaan harus sesuai dengan gambar perencanaan. Saat itu bupati tiba-tiba meminta alat pengukur besi beton untuk memastikan ukuran besi itu sudah sesuai.

Dikatakan Bupati, underpass ini dibangun untuk mengatasi kemacetan di sekitar tempat ini. Kita tahu jalan ini dekat dengan berbagai fasilitas Pendidikan mulai dari TK, SD, SMP dan SMA bahkan perguruan tinggi yang besar. 

"Di sekitar jalan Nasional ini juga ada Mall, Hotel serta berbagai falilitas yang lain juga terhubung dengan Jalan Nasional lain yaitu Jalan Gubernur Suryo,” terangnya.

Menurut Sambari, underpass ini akan sangat terasa manfaatnya pada beberapa tahun ke depan dimana tempat ini sudah sangat berkembang, sehingga para pelajar dan mahasiswa akan aman melintasi jalan ini. 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada BBPJN selaku pengelola jalan nasional yang telah mengijinkan pembangunan underpass ini," tuturnya, menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Gunawan Setijadi menyebut bahwa tinggi terowongan jalan underpass yang melintas dari belahan utara ke selatan tersebut 4,7 meter dengan lebar 7,2 meter.

Sedangkan lebar jalan 5,9 meter ditambah trotoar 1,5 meter. “Insyaallah Akhir Desember nanti jalan underpass ini sudah selesai,” jelas Gunawan saat mendampingi Bupati Sambari saat meninjau pembangunan underpass di Jalan Wahidin Sudirohusodo Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES