Peristiwa Nasional

Rayakan Hari Ozon, Kementerian LHK RI Sertifikasi Teknisi RAC dan Launching MontiR-AC

Rabu, 16 September 2020 - 17:12 | 38.07k
KLHK rayakan hari Ozon Internasional dengan penandatangan sertifikasi teknisi refrigerasi dan tata utara, luncurkan aplikasi MontiR-AC dan penyerahan bantuan bantuan kepada teknisi RAC, BLK dan BDLHK, Rabu (16/9) secara daring. (Foto: dokumentasi KLHK)
KLHK rayakan hari Ozon Internasional dengan penandatangan sertifikasi teknisi refrigerasi dan tata utara, luncurkan aplikasi MontiR-AC dan penyerahan bantuan bantuan kepada teknisi RAC, BLK dan BDLHK, Rabu (16/9) secara daring. (Foto: dokumentasi KLHK)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (Kementerian LHK RI) melakukan penandatanganan skema sertifikasi teknisi refrigerasi dan tata udara serta meluncurkan aplikasi MontiR-AC di Perayaan Hari Ozon Internasional, Rabu (16/9/2020).

Setiap tahun, dunia memperingati Hari Ozon Internasional pada tanggal 16 September. Tahun ini, Hari Ozon Internasional diperingati dengan tema resmi dari United Nations Environment Programme (UNEP) yaitu “Ozone for Life”.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi penipisan ozon adalah dengan menyiapkan teknisi Refrigerasi dan Air Conditioner (RAC) yang kompeten. Hal ini menjadi sangat penting karena teknisi yang kompeten akan melakukan servis peralatan RAC dengan benar yang dapat menghindari terlepasnya refrigeran ke udara dan mengurangi penipisan lapisan ozon.” ujar Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Ruandha Agung Sugardiman.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM KLHK, Helmi Basalamah, yang hadir dalam webinar “Ozone for Life” ini menyampaikan bahwa pembangunan dan pengembangan manusia akan dapat terwujud apabila didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas sesuai dengan tantangan kekinian. Dalam straategi pengembangan SDM terdapat 3 pilar yaitu standar kompetensi, diklat dan sertifikasi kompetensi.

Kementrian LHK 1

“Untuk meningkatkan kompetensi SDM KLHK, Kementerian LHK RI telah memfasilitasi 20 Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan 14 standar kompetensi khusus aparatur LHK. Salah satu SKKNI yang telah disusun yaitu teknisi refigerasi dan tata udara,” kata Helmi.

Berdasarkan data teknisi yang dimiliki Kementerian LHK RI, saat ini baru sekitar 2.000 orang teknisi yang telah tersertifikasi. Namun kebutuhan peralatan RAC di Indonesia semakin meningkat sehingga kebutuhan teknisi RAC yang kompeten untuk melakukan servis peralatan RAC pun ikut meningkat.

Helmi pun menambahkan untuk memenuhi kebutuhan akan teknisi RAC yang kompeten, pada hari ini Kementerian LHK RI bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melakukan penandatanganan skema sertifikasi teknisi refrigerasi dan tata udara.

Ketua BNSP, Kunjung Masehat, mengatakan bahwa akhir-akhir ini banyak pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan dengan ramah lingkungan. Kunjung mengucapkan terima kasih kepada Kementerian LHK RI yang terus berupaya meningkatkan produktifitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya teknisi RAC, yang senada dengan fokus program pembangunan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yaitu SDM Unggul Indonesia Maju.

“Skema Sertifikasi Teknisi RAC yang ditandatangani hari ini akan menjadi pedoman bagi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk melaksanakan sertifikasi teknisi RAC. Dengan pengesahan skema tersebut, diharapkan dapat mempercepat penyediaan teknisi RAC yang kompeten serta mendorong penguatan daya saing tenaga kerja Indonesia,” ucap Kunjung.

Kementrian LHK 2

Dalam kesempatan ini, Kementerian LHK RI memberikan bantuan peralatan kepada teknisi RAC, Balai Latihan Kerja (BLK) serta Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK). Peralatan ini diharapkan dapat membantu teknisi dalam melaksanakan kegiatan servis peralatan RAC dengan benar serta mendukung penyediaan infrastruktur di BLK dan BDLHK guna melakukan pelatihan dan sertifikasi teknisi RAC.

Selanjutnya, guna menciptakan pasar bagi teknisi RAC yang kompeten, Kementerian LHK RI telah mengembangkan aplikasi MontiR-AC, yaitu aplikasi yang memudahkan para teknisi dalam mendapatkan pekerjaan servis AC serta konsumen dapat dengan mudah mencari teknisi kompeten di sekitar tempat tinggalnya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui google playstore atau diakses melalui website www.montirac.id.

Menutup sambutannya, Ruandha Agung, mengatakan bahwa sesuai dengan Permen LHK Nomor 73 Tahun 2019, per tanggal 18 Oktober 2021, teknisi yang dapat mengambil pekerjaan dalam aplikasi MontiR-AC adalah teknisi yang sudah tersertifikasi oleh BNSP. Hal ini diberlakukan agar konsumen mendapatkan layanan servis yang prima dari teknisi yang sudah tersertifikasi kompeten dan mampu melakukan perawatan peralatan pendingin dengan baik dan benar.

“Peringatan Hari Ozon Tahun 2020 ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk menciptakan tenaga kerja kompeten dan unggul di bidang RAC serta berkontribusi terhadap perlindungan lapisan ozon,” kata Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LHK RI, Ruandha Agung Sugardiman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES