Wisata

Melihat Tempat Asimilasi dan Sekaligus Obyek Wisata Edukasi SAE L'SIMA di Malang

Kamis, 17 September 2020 - 01:00 | 353.52k
Pemandangan Wisata Edukasi SAE L'SIMA di Malang yang memanjakan wisatawan. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Pemandangan Wisata Edukasi SAE L'SIMA di Malang yang memanjakan wisatawan. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Obyek wisata edukasi ada di Kabupaten Malang, yakni Sarana Asimilasi dan Edukasi milik Lapas I Malang atau SAE L'SIMA

Uniknya, obyek wisata di Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang ini sebenarnya digunakan untuk tempat asimilasi bagi warga binaan Lapas I Malang.

Wisata Edukasi

Terletak di Utara Kabupaten Malang atau kurang lebih jarak ditempuh sejauh 30 km  untuk menuju tempat tersebut ketika berangkat dari pusat Kota Malang.

Untuk menuju tempat tersebut bisa ditempuh menggunakan roda dua maupun roda empat. Wisatawan maupun pengunjung tak perlu khawatir tersesat.

Lantaran ketika masuk Kecamatan Ngajum ada penunjuk arah untuk menuju SAE L'SIMA. Apalah masyarakat sekitar sudah akrab dengan tempat tersebut.

Sesampainya di tempat yang dibangun sejak Februari 2020 itu, langsung disuguhkan oleh pemandangan Gunung Kawi. Tampak dari kejauhan tempat itu sangat indah.

Wisata Edukasi 2

Karena ada beberapa fasilitas pendukung wisata. Seperti gazebo, tempat edukasi peternakan serta pertanian. Selain itu juga fasilitas lintasan sepeda downhill.

Sehingga sudah cukup lengkap fasilitas yang dimiliki tempat itu. Namun, khusus sarana edukasi biasanya digunakan untuk warga binaan Lapas I Malang.

Akan tetapi, masyarakat maupun wisatawan bisa menggunakannya. SAE L'SIMA, itu sudah diresmikan oleh Menkumham RI Yasonna H Laoly, Rabu (16/9/2020).

Pada saat peresmian, Menkumham RI Yasonna H Laoly mengatakan tempat ini sangat baik sebagai asimilasi warga binaan. Apalagi tidak boleh memandang sebelah mata warga binaan lapas.

"Mereka ini pernah tersesat dan melakukan kesalahan. Sekarang ini mereka sudah menjalani masa hukumannya dan siap kembali ke masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, tempat tersebut bisa digunakan oleh masyarakat pada umumnya untuk wisata edukasi.

"Masyarakat sekitar dan wisatawan bisa memanfaatkan tempat ini untuk belajar maupun wisata edukasi. Apalagi tempat ini juga sudah ada berbagai wahana salah satunya lintasan downhill," tegasnya.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah turut berkontribusi dibangunnya Wisata Edukasi SAE L'SIMA di Malang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES