Peristiwa Daerah

DWP Kota Batu Beri Pemahaman Anggota Cara Menangkal Covid-19

Rabu, 16 September 2020 - 16:33 | 41.72k
Pertemuan rutin pertama DWP diisi dengan sosialisasi penanganan Covid-19 yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Muhammad Dhani Rahman/TIMESINDONESIA)
Pertemuan rutin pertama DWP diisi dengan sosialisasi penanganan Covid-19 yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Muhammad Dhani Rahman/TIMESINDONESIA)

TIMESINDONESIA, BATU – Pertemuan rutin anggota pertama kalinya ditengah Pandemi Covid-19 dipergunakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kota Batu (DWP Kota Batu)  dengan memberikan penangkal Covid-19.

Caranya adalah dengan meningkatkan pemahaman anggotanya terhadap Covid-19, cara penularan hingga cara pencegahannya. Salah satunya, adalah anggotanya diajari bagaimana cara menggunakan dan melepas masker yang benar. Pasalnya selama ini banyak penularan terjadi karena kesalahan penggunaan masker.

Materi ini yang diberikan oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu, Dokter Susan Indahwati, pemateri dalam pertemuan rutin DWP yang dilaksanakan di Kecamatan Bumiaji, Rabu (16/9/2020).

DPW-Batu-2.jpg

Tidak hanya memberikan materi, Susan juga mempraktikkan bagaimana cara menggunakan dan melepas masker dengan alat bantu tisu dipadu dengan penggunaan hand sanitizer.

“Kenapa saat makan kita tidak boleh menurunkan masker kita di leher, karena masker bagian dalam kita nanti akan beresiko terkena virus,” ujar Susan sembari menunjukkan cara melepas dan menggunakan masker yang benar.

Susan pun menyarankan agar menyiapkan tas khusus untuk menyimpan tisu basah, tisu kering, handsanitizer dan masker cadangan yang bisa dipergunakan saat diperlukan. Susan mengatakan bahwa yang terpenting ketika bertemu dengan penderita Covid-19 tidak perlu takut, yang harus dilakukan adalah menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan handsanitizer.

Ketua DWP Kota Batu, Ny Aini Zadiem Effisiensi menjelaskan lewat pertemuan ini ia berharap anggota DWP Kota Batu semakin memahami Covid-19 dan cara menanggulanginya. “Harapannya nanti, anggota DWP tidak hanya aktif memberikan penjelasan kepada keluarga namun juga kepada masyarakat,” ujar Aini.

Ia membenarkan bahwa pertemuan yang diselenggarakan ini adalah pertemuan DWP pertama sejak Covid-19 melanda Indonesia.

“Sebagai istri Aparatur Sipil Negara (ASN) kita berkewajiban untuk mematuhi aturan pemerintah dan mendukungnya, hari ini kita selenggarakan pertemuan dengan agenda sosialisasi protokol kesehatan dengan mendatangkan pemateri Dokter Susan,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa biasanya dalam pertemuan rutin DWP Kota Batu, selalu diikuti anggota yang jumlahnya mencapai 100 orang lebih. Namun karena kondisi Covid-19, maka pertemuan hanya diikuti perwakilan dari setiap unit kerja yang ada di Pemkot Batu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES