Pendidikan

Kenalkan Museum, Disdikbud Kota Malang Gaet Kaum Muda Milenial

Rabu, 16 September 2020 - 16:13 | 38.76k
Seorang siswa berseragam sekolah mengikuti kegiatan pengenalan museum. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Seorang siswa berseragam sekolah mengikuti kegiatan pengenalan museum. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Disdikbud Kota Malang menggaet kaum milenial dan anak muda untuk mengenali museum.

Pengunjung museum memang semakin menurun. Destinasi sejarah ini kurang diminati. Ditambah lagi karena pandemi Covid-19.

Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah setempat. Salah satunya mengenalkan museum dengan cara pameran dan pertunjukan virtual.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Malang, Andayoen Sri Afriana, mengatakan rangkaian acara pengenalan museum ini untuk memperkenalkan masyarakat terutama anak muda tentang sejarah.

Museum-Malang-2.jpg

"Ini salah satu rangkaian dari event pemanfaatan museum, khususnya Museum Mpu Purwa dan Museum Pendidikan. Kita ingin memperkenalkan kalau Malang juga punya museum daerah," kata dia, Rabu (16/9/2020). 

Disdikbud ingin memperkenalkan kembali museum yang sarat akan edukasi sejarah. Di mana didalamnya tersimpan benda-benda sejarah yang menarik untuk dipelajari.

Disdikbud Kota Malang menggelar berbagai macam lomba dan kegiatan menarik lainnya. Ada lomba cerdas cermat, menggambar, dan lomba vlog yang diikuti pelajar di Kota Pendidikan ini.

Lomba menggambar, bebernya, diikuti sebanyak 42 peserta. Sedangkan cerdas cermat 50 kelompok dari SMP negeri dan swasta. Sementara, lomba vlog terbuka untuk umum termasuk siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Rangkaian kegiatan ini dimulai hari ini (16/9/2020) hingga Senin (21/9/2020) digelar selama enam hari.

"Nanti tanggal 18 September juga ada sinau sejarah di Movie Room Museum Mpu Purwa. Dan 21 September kita juga adakan sinau sejarah on the spot di Pasuruan," bebernya.

Dalam kegiatan ini, Disdikbud Kota Malang bekerjasama dengan Dewan Kesenian Malang (DKM), Fakultas Ilmu Budaya Universitas Negeri Malang dan beberapa guru serta seniman serta budayawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES