Peristiwa Daerah

Lewat Aplikasi Poedak, Pengurusan Adminduk di Gresik Kian Mudah

Rabu, 16 September 2020 - 15:40 | 437.00k
Kepala Dispendukcapil Gresik, Khusaini saat berada di ruang kerjanya (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Kepala Dispendukcapil Gresik, Khusaini saat berada di ruang kerjanya (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Di tengah pandemi Covid-19 pengurusan administrasi kependudukan atau Adminduk di Kabupaten Gresik Jawa Timur semakin mudah dan simpel. Hal ini setelah Dispendukcapil meluncurkan Aplikasi Poedak (Pendaftaran Online Administrasi Kependudukan).

Melalui aplikasi berbasis Website ini, pelayanan Adminduk bisa dilakukan melalui handphone maupun perangkat lainnya baik komputer maupun laptop, kapan saja selama 24 jam serta selesai dalam waktu singkat maksimal satu hari.

Kepala Dispendukcapil Gresik Khusaini menuturkan inovasi yang dilakukan ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, apalagi sejak pandemi pemerintah tidak memperbolehkan berkumpul.

"Sehingga layanan bebasis offline kita alihkan ke Aplikasi Poedak ini, sebelumnya pelayanan daring hanya lewat WA. Pemakaian WA sangat terbatas, kalau aplikasi ini tak terbatas," katanya, Rabu (16/9/2020).

Lebih jauh khusaini menerangkan, melalui aplikasi tersebut masyarakat bisa mengakses untuk permohonan pembuatan Akta Kelahiran, Akta Kematian, Pendaftaran KK, Mutasi penduduk, Pendaftaran cetak ktp, dan pendaftaran KIA (Kartu Identitas Anak).

Dia mengatakan, di era digital seperti ini pelayanan bagus harus terus ditingkatkan. Masyarakat tak boleh lagi mengeluh soal sulitnya mendapatkan layanan Adminduk. 

"Jadi ini wujud dari layanan kami, masyarakat mengurus administrasi kependudukan cukup dilakukan di rumah. Di sini kemudian kita proses, nanti kita cetak kemudian nanti dokumen fisiknya bisa diambil di kantor kecamatan," terangnya.

Mantan Kabagkesra Pemkab Gresik ini melanjutkan, untuk mendapatkan layanan itu masyarakat harus mengakses di laman Poedak.gresikkab.go.id 

Kemudian bisa mengisi menu awal register dengan menambahkan No KTP dan KK serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Lalu, masyarakat bisa memilih menu yang dihadirkan serta meng-upload dokumen.

"Bisa dengan cara di-scan atau foto. Satu KK hanya satu akun. Kami ingin optimalkan Aplikasi Poedak ini agar pelayanan Adminduk di Gresik semakin mudah, dan pastinya ini akan memberantas calo dan pungutan liar," imbuh dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES