Peristiwa Daerah

Kelola Sampah Zero Waste, Lapas Lowokwaru Malang Diapresiasi Menkumham RI

Rabu, 16 September 2020 - 15:25 | 33.76k
Menkumham RI Yasonna Laoly saat memantau aktivitas di Lapas Lowokwaru Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Menkumham RI Yasonna Laoly saat memantau aktivitas di Lapas Lowokwaru Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI) Yasonna Laoly mengapresiasi pengelolaan sampah dengan model zero waste di Lapas Kelas I Kota Malang (Lapas Lowokwaru Malang).

Pengelolaan sampah dengan konsep zero waste adalah pengelolaan dengan melakukan pemilahan, pengomposan dan pengumpulan barang layak jual.

Menkumham-2.jpg

Sampah yang telah terpilah menjadi sampah basah dan kering selanjutnya dilakukan pengelolaan yaitu pengomposan dan pengumpulan sampah layak jual.

"Saya melihat pengelolaan sampahnya jadi zero waste. Ini sangat penting menjadi pupuk. Ini sangat baik. Makanya Lapas ini masuk kategori WBBM di samping pelayananya yang baik," ujar Yasonna.

Dalam kunjungannya, Yasonna didampingi Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Kalapas Lowokwaru Malang Anak Agung Gde Krisna, dan Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Rabu (16/9/2020).

Menkumham-3.jpg

Yasonna mengecek langsung sejumlah fasilitas pelayanan dan aktivitas warga binaan. Ia mengapresiasi upaya dan kreativitas warga binaan di sana.

Waktu datang ke Lapas Lowokwaru Malang, rombongan dari Jakarta itu disambut penampilan hadrah. Secara khusus Menkumham RI, Yasonna Laoly mendapatkan bingkaian lukisan sketsa wajah.

Menkumham RI selain menyaksikan pengelolaan sampah zero waste, dia juga mengecek kesiapan Lapas Lowokwaru Malang untuk menuju new normal. Hingga saat ini Lapas tidak menerima kunjungan dari luar karena Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES