Peristiwa Nasional

Saat Menkumham RI Ucapkan Salam Satu Jiwa

Rabu, 16 September 2020 - 16:05 | 49.19k
Menkumham RI saat memakai syal Arema saat kunjungannya ke Malang. (Foto: Sudarmaji/TIMES Indonesia)
Menkumham RI saat memakai syal Arema saat kunjungannya ke Malang. (Foto: Sudarmaji/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Di tengah kunjungan Menkumham RI Yasonna Laoly di Malang, Rabu (16/9/2020), ada hal yang membanggakan. Menteri asal Sumatra Utara ini seperti menggandrungi Arema FC, tim kebanggaan warga Malang Raya

"Salam Satu Jiwa," pekik Yasonna saat membuka sambutannya di Peresmian Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Kelas I Malang (SAE L'SIMA) dan L'SIMA Bike Park di Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jatim.

Sontak, semua undangan yang hadir menjawab; "Arema". Mulai dari tokoh yang mewakili Malang Raya hingga Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah turut menjawab kompak. Tampak hadir jajaran Dirjen di lingkungan kerja Kemenkumham, Bupati Malang H. Sanusi, Ketua DPRD Kab Malang Didik Gatot Subroto, Walikota Batu, serta jajaran Forkopimda Malang Raya

Sudarmaji b

Tidak berhenti disitu. Tiba di lokasi seluas 20 hektare di area lahan pertanian, perikanan, dan peternakan untuk pelatihan bagi warga binaan Lapas Kemenkumham itu, Yasonna tampak enjoy dengan syal Arema. Syal itu melilit di lehernya sejak ia datang dan dikalungi syal tersebut. Syal itu pun tetap ada leher Yasonna mulai awal acara sampai berakhir sekitar 2 jam di lokasi bukit tersebut.

"Terima kasih kepada warga sekitar. Juga Bupati Malang Bapak Sanusi yang mampu berkomunikasi dan bersinergi antara daerah dan pusat mewujudkan program ini,” ucap Yasonna.

“Banyak harapan yang bisa dibangun dari program ini. Tempat ini tidak hanya untuk memberikan bekal kemandirian dan mental kepada warga binaan yang telah menjalani hukuman, tapi warga juga bisa belajar. Tempat ini juga bisa dijadikan eduagrotourism. Silakan warga bisa belajar tentang pertanian, peternakan maupun perikanan. Lokasi ini juga bisa untuk kunjungan wisata, program ini berorientasi juga untuk ketahanan pangan," papar Menkumham.

Usai dari Ngajum, Menkumham meninjau Lapas Kelas 1 Lowokwaru di Kota Malang. Yasonna berdecak kagum saat melihat di salah satu sudut penjara. Di lokasi itu dibangun Museum Mini napak tilas Penjara Lowokwaru yang dibangun era Belanda. 

Menkumham juga melakukan peninjauan beberapa fasilitas baru yang menyesuaikan aturan protokol kesehatan. Mulai pemeriksaan suhu dan prosedur masuk, bilik pertemuan pengunjung, sampai menilik lokasi ruang narapidana.

Yasonna kembali terkagum ketika di salah satu sudut di pintu keluar penjara, ia melihat lukisan grafiti di tembok. Lukisan itu bertuliskan "Selamat Datang di Bhumi Arema". Salam Satu Jiwa, lengkap dengan gambar singanya. Sontak, Yasonna mengajak para pejabat lainnya untuk berfoto dengan background grafiti Arema tersebut. 

Menteri dari PDI Perjuangan ini pun mendadak diajak CEO Arema FC Ir. R. Agoes Soerjanto yang juga Waketum GM FKPPI berfoto bersama. Jadilah foto bersama dengan sorakan kembali "Salam Satu Jiwa" yang dijawab kompak; "Arema", dengan wajah sumringah.

Kunjungan berikutnya berakhir di Kantor Imigrasi Malang di kawasan Blimbing. Urusan Arema kembali disuguhkan para karyawan Imigrasi Malang di depan Menkumham. Mereka meneriakkan semacam yel yel yang menyuguhkan jargon "Salam Satu Jiwa".

Yasonna tampak bangga menyambut para staf di Imigrasi. Rombongan melanjutkan peninjauan di dalam kantor Imigrasi.

Menkumham bangga melihat kantor yang begitu layak dengan memberikan variasi layanan. Ada tempat penitipan anak lengkap dengan fasilitas permainan. Ada papan testimoni pelayanan, hinga fasilitas protokol kesehatan. 

Kunjungan diakhiri dengan foto bersama di halaman Kantor Imigrasi. Sekali lagi kunjungan Menkumham RI di Malang diakhiri pekik "Salam Satu Jiwa" yang kini keluar dari hentakan CEO Arema FC, Ir. R. Agoes Soerjantilo yang dijawab kompak; "Arema". (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES