Ekonomi

Agar Paham Prosedur BPOM, Disperdagin Kota Kediri Pertemukan UMKM dengan Loka POM

Rabu, 16 September 2020 - 15:22 | 91.63k
Kepala Disperdagin bersama narasumber dari Loka POM saat menunjukkan produk izin BPOM. (Foto/Kominfo Kota Kediri)
Kepala Disperdagin bersama narasumber dari Loka POM saat menunjukkan produk izin BPOM. (Foto/Kominfo Kota Kediri)

TIMESINDONESIA, KEDIRIDisperdagin Kota Kediri menggelar acara Bincang Ringan bertajuk 'Diskusi Keamanan Pangan Bersama Loka POM Kediri'. Kegiatan ini diikuti oleh 20 pelaku usaha UMKM di Kota Kediri, Rabu (16/9/2020).

Plt Kepala Disperdagin Drs. Nur Muhyar menjelaskan, semakin banyak usaha rumahan di Kota Kediri yang membuat produk olahan pangan seperti minuman dalam kemasan botol dan frozen food.

"Untuk produk-produk tersebut, izin yang dipersyaratkan adalah izin edar pangan yang diterbitkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), bukan Izin PIRT dari Dinkes setempat," jelasnya.

Oleh karena itu, Disperdagin berinisiatif mengundang Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kediri, yang merupakan perwakilan BPOM di daerah, untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pelaku UKM/IKM tentang prosedur pengurusan izin BPOM.

Dalam diskusi yang dikemas santai tersebut, Kepala Loka POM Kediri Joni Edrus Setiawan, SSi, Apt. hadir dan bertindak sebagai narasumber.

Salah seorang peserta, Angga Pria Santoso mengaku senang diundang Disperdagin untuk mengikuti bincang ringan itu.

"Saya memang sudah lama menunggu kegiatan semacam ini karena ingin tahu bagaimana prosedur mengurus izin MD (Makanan Dalam Negeri) untuk minuman herbal saya," jelas pengusaha muda pemilik brand Sinom Mas Ang.

Untuk ke depannya, Disperdagin Kota Kediri akan menjajaki kolaborasi yang lebih erat dengan Loka POM Kediri. "Kebanyakan pelaku UMKM memang masih awam dengan izin BPOM. Hal ini menjadi tugas kami untuk meningkatkan wawasan mereka agar daya saing produk lokal kita semakin kuat," pungkas Drs. Nur Muhyar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES