Pendidikan

Video PKKMB Viral, Unesa Gerak Cepat Beri Layanan Konseling pada Mahasiswa Terlibat

Rabu, 16 September 2020 - 15:07 | 92.82k
Vinda Maya Setianingrum Kepala Humas Unesa. (Foto: dok Vinda)
Vinda Maya Setianingrum Kepala Humas Unesa. (Foto: dok Vinda)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Soal video viral dalam pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), pihak kampus langsung mengambil langkah cepat dalam memperhatikan kondisi mental dari mahasiswa yang terlibat, baik panitia maupun peserta PKKMB.

Kepala Humas Unesa, Vinda Maya Setianingrum mengatakan, Unesa telah memberikan layanan konseling kepada para mahasisea yang videonta viral di sosial media.

"Mereka mengalami tekanan yang luar biasa hebat di media sosial maupun langsung di nomor pribadi sehingga kami ambil langkah cepat untuk memberikan layanan terapi kognitif yang biasa diberikan untuk penderita tekanan mental," ungkap Vinda pada TIMES Indonesia, Rabu (16/9/2020).

Lanjutnya, layanan konseling ini ditangani langsung oleh Tim Crisis Center dari program studi psikologi. Terapi mulai dilaksanakan langsung pada Selasa (15/9/2020) silam. Dilaksanakan secara daring maupun tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Kami ingin memastikan bahwa anak-anak terdampingi dan terjaga mentalnya, saat ini Unesa sudah memasuki masa perkuliahan semester gasal sehingga kami berupaya agar mereka tidak drop dan tetap semangat menjalani perkuliahan dengan baik," kata Vinda.

Ke depannya, Unesa mengambil lamgkah dengan bersifat kekeluargaan. Pihak kampus berkomitmen menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan dan memberikan konseling langsung pada malam hari ini juga.

"Kami juga akan melakukan silahturahmi kepada keluarga mahasisea baru semoga suasana kekeluargaan terbangun," ujar Dosen Prodi Imu Komunikasi tersebut.

Vinda mengungkapkan, bahwa kasus ini menjadi pembelajaran bagi Unesa untuk terus memperbaiki pengelolaan kegiatan kemahasiswaan.

"Ini menjadi evaluasi penting bagi Unesa, kami ucapkan terima kasih atas segala perhatian pada kasus (PKKBM) ini. Ke depan, kami akan terus mengupayakan suasana pembelajaran yang kondusif dan nyaman bagi mahasiswa," jelas Vinda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES