Gaya Hidup

Ini Dia Nama Lain Alpukat di Seluruh Dunia

Rabu, 16 September 2020 - 14:14 | 474.01k
Ilustrasi – Alpukat. (Foto: Freepik)
Ilustrasi – Alpukat. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAlpukat adalah buah yang tak asing lagi bagi manusia. Hampir di semua negara memiliki buah yang rasanya tawar dan lembut saat dimakan tanpa campuran namun menjadi amazing saat ditambahi susu, gula bahkan cabe dan bahan-bahan lainnya.

Alpukat adalah buah endemik asal Amerika Tengah dan Selatan. Menurut sebuah penelitian yang di muat di fao.org buah ini pertama kalinya dibawa ke Indonesia oleh pedagang Spanyol pada abad ke-17. Hingga saat ini di Indonesia banyak dijumpai penduduk membudidayakan buah ini di pekarangan rumah mereka.

Masyarakat Indonesia umumnya akan memakan buah ini dengan menambahkan gula diatasnya sebelum disendok ke mulut untuk menambahkan rasa manis, karena memang rasa buah ini lebih mengarah pada creamy. Ada pula yang membuatnya sebagai jus. Namun, semakin lama, banyak sekali cara penyajian alpukat yang semakin kekinian.

Di Indonesia buah ini dikenal dengan nama alpukat, apokat, atau pokat. Di negara lainpun pelafalannya hampir sama, hanya penulisannya yang berbeda. Bangsa Aztec menyebut buah ini sebagai ahuacatl yang mempunyai makna ekstrim “penis”. Dan sebagaimana artinya, buah ini menjadi lambang kesuburan di suku tersebut pada jamannya.

Di Inggris buah ini lebih dikenal sebagai alligator pear. Bukan karena rasanya mirip aligator, namun lebih kepada beberapa jenis alpukat yang memiliki kulit hijau bersisik seperti aligator yang lazim di temui di negara tersebut.

Dilansir dari Frutasmontosa di Brazil buah ini dinamai abacate, abacateiro dalam bahasa Galizia, ahuakateondoa di negara bagian Bask, alvocat dalam bahasa Catalonia, dan avocat dalam bahasa Perancis.

Spanyol yang notabene memperkenal buah ini ke Indonesia punya beberapa julukan indah untuk Alpukat seperti aguacata, ahuaca, cura, pagua, palta, dan persea. Namun, istilah avocado adalah cara yang paling umum ditemukan di beberapa negara seperti Italia, Turki, beberapa negar di wilayah Afrika, Slovania, Russia, Yunani, dan Albania. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES