Kesehatan

Ragam Manfaat Alpukat Bagi Tubuh

Rabu, 16 September 2020 - 14:00 | 52.51k
Ilustrasi: Alpukat. (Foto: Freepik)
Ilustrasi: Alpukat. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tidak kenal alpukat? Buah yang memiliki rasa mantap jika dijadikan jus ditambah dengan susu kental manis.

Buah ini diketahui kaya akan serat, vitamin K, B5, B6, B3, E dan C. alpukat juga memiliki kandungan kalium, folat, magnesium, mangan, tembaga, besi, seng dan fosfor.

Selain enak, buah alpukat memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa keuntungan mengonsumsi alpukat bagi tubuuh kita.

1. Anti peradangan

Dengan kandungan asm lemak omega-3, alpukat menjadi buah yang bisa menghambat peradangan yang terjadi di dalam tubuh kita khususnya di sendi. Misalnya membantu meredakan nyeri artritis.

2. Membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kerja pencernaan

100 gram buah alpukat memiliki 7 gram serat. Kandungan serat tinggi yang ada dalam alpukat membutuhkan waktu paling lama untuk dicerna yang menyebabkan perasaan kenyang, yang mencegah anda untuk makan berlebihan nantinya.

Buah ini juga akan membantu meningkatkan kinerja pencernaan anda. Alpukat juga sangat rendah karbohidrat, yang juga mendorong penurunan berat badan.

3. Meningkatkan kesuburan

Nah, pasti ada alasan kenapa suku Aztec menyebut buah ini sebagai buah kesuburan. Menurut sebuah buku berjudul Healing Foods, alpukat membantu meningkatkan kesuburan dan meningkatkan peluang kehamilan juga.

4. Mengatur tekanan darah dan baik untuk jantung

Kalium dalam alpukat akan menjaga tekanan darah anda tetap stabil. Tekanan darah yang stabil membantu mencegah risiko serangan jantung atau stroke. Makan alpukat juga bisa mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida darah yang membuat jantung lebih sehat.

5. Menyehatkan mata

Alpukat mengandung beta-karoten, vitamin A, dan antioksidan yang bermanfaat untuk mata. Alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthinyang  berfungsi membantu menjaga penglihatan tetap baik, terutama saat malam hari. Kandungan ini juga akan meminimalkan kerusakan akibat sinar ultraviolet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES