Pendidikan

Pandemi Covid-19, Perpustakaan Kota Pagaralam Buka Layanan Terbatas

Rabu, 16 September 2020 - 13:01 | 52.53k
Kabid Pengembangan Perpustakaan Hj Popy Eriska SE MM (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)
Kabid Pengembangan Perpustakaan Hj Popy Eriska SE MM (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Di tengah pandemi Covid-19, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pagaralam maish tetap membuka layanan, untuk peminjaman buku bacaan, tapi ini dilakukan secara terbatas.

“Untuk layanan peminjaman buku bacaan, kendati masih dalam suasana Covid-19, kita masih tetap buka. Hanya saja dilakukan secara terbatas,” ujar Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pagaralam, Dra Hj Kun Widayatsari M.Pd, melalui Kabid Pengembangan Perpustakaan Hj Popy Eriska SE MM, Rabu (16/9/2020).

Popy mencontohkan untuk pelayanan meminjam buku secara terbatas. Semisal ada yang ingin mengerjakan tugas, tak ada buku penunjang, dapat meminjam buku di perpustakaan ini, tetapi pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

“Fasilitas penunjang Prokes Covid-19, telah kita sediakan seperti sarana tempat cuci tangan, pengunjung pun diminta untuk tetap menjaga jarak, meminjam buku pula kita batasi, bukan asal-asalan dapat meminjam pakai, kita meminjamkan buku untuk mereka yang akan membuat laporan dan skripsi,” terangnya.

Selain tetap membuka layanan peminjaman buku, kata Popy, pihaknya juga rutin buat melakukan pembinaan, baik itu di pojok baca seperti halnya di kelurahan, SKPD, dan sekolah, dengan membantu organisasi yang membutuhkan adanya pojok baca.

“Pelayanan masyarakat yang berkaitan dengan gemar membaca, untuk komunitas yang membuat gemar membaca untuk mencerdaskan anak bangsa, dapat membuat proposal dan mengajukan ke perpustakaan untuk meminjam buku, dengan persyaratan alamat jelas, tempat, pengelolaannya ada, juga pengurusannya,” ujarnya.

Di samping itu juga, kata Popy, perpustakaan bisa membantu dengan sistem pinjam pakai buku, seperti yang baru-baru ini dalam pandemi Covid-19 pojok baca Samsat, yang telah meminjam buku untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Bagi yang gemar membaca, perpustakaan belum dapat melayani sepenuhnya seperti dulu, dengan tujuan untuk sama sama memutuskan mata rantai Covid-19, akan tetapi untuk yang akan meminjam buku tetap diberikan pelayanan, dengan mencari buku yang akan dipakai, kemudian dipinjam dan langsung di bawa pulang.

“Sementara waktu ini belum bisa buat membaca maupun melaksanakan tugas di ruang perpustakaan, bagi masyarakat berada di luar Kota Pagaralam, kita stop dulu mohon maaf belum dapat kita layani, untuk pinjam pakai buku di perpustakaan, dengan tujuan untuk sama sama kita peduli dan memutuskan mata rantai Covid-19,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES