Indonesia Positif

42 Usulan Perintis dan Propenmas UWG Malang Sukses Didanai

Rabu, 16 September 2020 - 12:16 | 215.43k
Gedung baru Kampus II UWG. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Gedung baru Kampus II UWG. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dua diantara tiga kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh dosen adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dua kegiatan yang membutuhkan dana, yang kadang cukup besar ini, dapat dilaksanakan secara mandiri, berkolaborasi dengan pihak luar maupun berkompetisi secara nasional melalui berbagai skema yang disiapkan oleh pemerintah maupun sawsta. Kampus Inovasi UWG Malang juga menyiapkan dana internal untuk dua kegiatan ini.

Program Penelitian Dana Internal Perintis yang diluncurkan sejak tahun 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengalaman dosen dalam kegiatan penelitian, mengarahkan dosen agar memiliki kegiatan penelitian yang sesuai dengan renstra penelitian universtas, meningkatkan kualitas pelaksanaan penelitian dosen dan sebagai latihan untuk publikasi hasil penelitian dosen, memiliki empat tema unggulan yaitu pemberdayaan produk UMKM; legilasi dan pengembangan hukum nasional yang berdampak internasional; teknologi berkelanjutan, inovatif dan kreatif mendukung industrialisasi dan pertanian berkelanjutan, nilai tambah dan pangan sehat.

Sementara itu Program Pengabdian untuk Masyarakat (Propenmas) bertujuan sama dengan penelitian tetapi lain bidang dan memiliki tiga skema unggulan yaitu teknologi sistem informasi dan komunikasi kelompok masyarakat, desa dan UMKM; pemberdayaan masyarakat yang inovatif dan kreatif berdaya saing global dan inovasi teknologi untuk peningkatan mutu proses dan porduk UMKM.

Di bawah empat orang reviewer yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS; Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS; Dr. HM Sodik, SE, MSi dan Dr. Ir. Fachrudin, MT, empat puluh dua proposal direview pada Senin, 14 September 2020 di lima ruang terpisah di Kampus II Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang.

Empat puluh dua proposal tersebut terdiri dari 23 proposal Perintis dan 19 proposal Propenmas yang berasal dari para dosen di empat fakultas yang ada di lingkungan kampus yang berlokasi di Jalan Borobudur Nomer 35 Malang ini, dan terdiri dari tujuh dosen Fakultas Ekonomi, tiga dosen Fakultas Hukum, tujuh dosen Fakultas Pertanian dan 15 dosen Fakultas Teknik. Diantara para dosen tersebut ada yang mengajukan dua proposal, Perintis dan Propenmas, sebanyak sembilan orang.

Ketua LPPM UWG Ir. Gigih Priyandoko, MT, PhD menyatakan bahwa target yang diharapkan belum terpenuhi. “Secara jumlah dosen, target belum terpenuhi. Dari 42 judul proposal, ada 32 ketua karena sepuluh orang diantaranya mengajukan dua proposal. Secara keseluruhan dosen yang terlibat, terdapat 46 orang, sementara jumlah dosen di lembaga ini adalah 102 orang. Artinya masih ada 56 dosen yang belum terlibat dan atau dilibatkan dalam kegiatan ini. Karena target belum terpenuhi, maka sebagai apresiasi, kepada seluruh pengusul akan disiapkan dana untuk melaksanakan kegiatannya dengan batas waktu tertentu dan dengan persyaratan pelaporan sebagaimana ketentuan yang ada secara nasional,” jelas Gigih.

Sebagaimana diketahui, prestasi lembaga pendidikan tinggi yang dipimpin Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT, dalam kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat berada pada klaster sangat baik dan unggul secara nasional berdasarkan penilaian Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dari waktu ke waktu LPPM sebagai penanggungjawab kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terus berupaya untuk meningkatkan minat para dosennya untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masayarakat dengan senantiasa memberikan motivasi antara lain melakukan sosialisasi dan pendampingan penyusunan proposal sampai dengan pelaksanaan dan pelaporannya secara berkelanjutan.

Di akhir penjelasannya Gigih berharap banyak HKI, paten dan jurnal terpublikasi dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini yang tahun depan diharapkan dapat mempertahankan peringkat kampus ini secara nasional, bahkan bila mungkin dapat dtingkatkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES